Menemukan dan Menghapus Folder Kosong Secara Otomatis dengan Empty Folder

Ketika kamu meng-install sebuah software di komputer kamu, sebuah direktori baru akan tercipta secara otomatis untuk menyimpan file aplikasi tersebut. Direktori ini kemudian digunakan sebagai tempat menyimpan segala sesuatu yang terkait dengan aplikasi, misalnya, project data, log files dan sebagainya. Ketika kamu sudah tidak menggunakan aplikasi ini, lalu meng-uninstall-nya, file-file tersebut memang secara otomatis akan terhapus, tapi seringkali foldernya masih tetap tertinggal.

Akan sangat menyusahkan jika kamu berusaha untuk mencari dan menghapus folder-folder kosong semacam ini secara manual. Memang tidak akan begitu berdampak pada kinerja komputer sih, tapi saya yakin kamu pasti merasa tidak nyaman melihat banyak folder kosong yang tidak kamu butuhkan bertebaran dalam hard disk kamu.

Nah, Empty Folder Cleaner adalah aplikasi khusus Windows yang memungkinkan kamu menemukan dan menghapus folder-folder kosong dari hard disk kamu secara otomatis. Kamu memiliki opsi untuk mengirim file yang terhapus ke Recycle Bin, langsung menghapusnya, atau membuat backup sebelum menghapusnya. Jika file yang ditemukan terkunci, kamu bisa membukanya sebelum proses penghapusan dengan menggunakan fasilitas built-in file dan folder Unlocker.

 

Kamu bisa mendownload Empty Folder Cleaner di:

http://www.4dots-software.com/emptyfoldercleaner/index.html

 

Setelah melakukan installasi, kamu akan mendapati bahwa aplikasi ini memiliki interface yang menyediakan 38 bahasa yang berbeda. Terlebih lagi, aplikasi ini memungkinkan kamu menspesifikkan ‘aturan’ untuk mendefinisikan tipe file yang dianggap sebagai junk file, mengkhususkan direktori yang perlu diabaikan saat melakukan scan, dan melindungi file dan folder tertentu. (file dan folder yang terproteksi tidak akan dihapus, bahkan meskipun ditandai sebagai folder junk atau kosong).

Menemukan dan Menghapus Folder Kosong Secara Otomatis dengan Empty Folder

Interface utama dari program tersebut memiliki folder tree di sisi kiri, sementara opsi Scan folders, Delete Empty Folders, Check All dan Uncheck All tersedia di sisi kanan. Untuk melakukan scan di hard disk, pilih direktori yang ingin di-scan pada sisi kiri dan klik tombol Scan. Semua folder kosong akan terdaftar di sisi kanan. Kamu bisa mencentang folder yang ditemukan dengan meng-klik Check All folders atau hanya memilih beberapa untuk dihapus. Program tersebut akan membedakan folder-folder yang ditemukan ke empat tipe kategori: Empty, Junk, Protected dan Normal.

Menemukan dan Menghapus Folder Kosong Secara Otomatis dengan Empty Folder

Window Options bisa diakses dari menu Tools pada bagian atas dan memungkinkan kamu untuk mengkonfigurasikan apa yang akan dilakukan oleh aplikasi. Kamu bisa memilih untuk mengubah file dan folder ke Unlock sebelum menghapusnya, mengabaikan file tersembunyi (hidden files), dan sebagainya. Kamu juga bisa memilih mode penghapusan default, yaitu menyimpan backup (Keep backups), menghapus ke Recycle Bin (Delete to Recycle Bin) dan menghapus permanen (Delete Permanently). Tab yang lain pada kotak dialog memungkinkan kamu menspesifikkan file Junk, direktori yang diabaikan saat scan, memilih file dan folder yang dilindungi (protected) dan mengatur backup yang dibuat oleh aplikasi ini.

Setelah mencoba-coba, masih ada beberapa bug pada aplikasi ini. Misalnya fasilitas Explore bila kita meng-klik kanan folder tertentu tidak dapat digunakan (yang mana seharusnya memungkinkan kita memeriksa isi folder tertentu). Tapi bagaimanapun juga, aplikasi ini cukup bermanfaat untuk menghapus folder-folder yang tidak digunakan sehingga memenuhi hard disk kita.

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan juga kepada teman-teman lain yang hobi mengutak-atik PC atau laptopnya agar dengan mudah menghapus sisa folder atau file mereka yang tak terpakai dengan aplikasi ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini