Mencari tahu Spektrum Warna dengan Able Opus Color Extractor

Apakah kamu berkecimpung di dunia advertising atau suka mengolah gambar untuk hobi? Bila iya, maka permainan warna pastilah menjadi salah satu hal yang penting bagi kamu. Ketika mengolah gambar, terkadang kita perlu untuk tahu spektrum warna secara spesifik. Image Editor atau software pengolah gambar biasanya mengenali warna berdasarkan unit RGB (Red, Green, Blue) atau kandungan warna merah, hijau, dan biru, serta juga kode HSB dan Hex warna. Nah, untuk mendapatkan unit RGB, kode Hex, dan HSB yang tepat ini terkadang cukup susah. Photoshop memiliki fasilitas untuk mengecek spektrum warna yang ada pada sebuah gambar. Tapi bila kamu tidak ingin menggunakan Photoshop, maka PG menawarkan aplikasi praktis untuk mencari tahu spektrum warna yang sesuai, yaitu Able Opus Color Extractor.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa secara akurat mengetahui ukuran unit RGB, Hex, dan HSB dari sebuah warna, sehingga kamu bisa meniru warna tersebut dengan tepat bila memanfaatkan suatu software pengolah gambar. Apalagi mengingat saat ini standar warna untuk monitor dan VGA sudah demikian tinggi sehingga hampir mustahil bila kita membedakan warna dengan hanya mengandalkan kepekaan mata.

Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut di:

http://sourceforge.net/projects/ableopuscolorex/

Melihat Spektrum Warna

Interface aplikasi ini menampilkan berbagai spektrum warna yang bisa kamu periksa bila ingin mendapatkan jenis warna tertentu. Kamu juga bisa mencari pilihan setepat mungkin dengan menaik turunkan ukuran RGB di bar sebelah kanan.

Melihat Spektrum Warna

Salah satu fasilitas aplikasi ini adalah, kamu bisa membuka sebuah file gambar untuk memeriksa nilai RGB, Hex, dan HSB dari warna tertentu sehingga kamu mendapatkan spektrum yang tepat. Misalnya warna kulit yang sering digunakan dalam anime seperti pada contoh gambar di atas.

Melihat Spektrum Warna

Kamu juga bisa memeriksa gambar dari wallpaper kamu atau membuka file gambar tertentu untuk kemudian ‘dipotret’ dengan menggunakan aplikasi ini. Dengan fasilitas ini kamu bisa memeriksa warna-warna yang terkesan ‘asing’ sehingga nantinya dengan menggunakan software pengolah gambar, kamu bisa meniru warna tersebut dengan tepat!

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang ringan dan praktis untuk dipergunakan, terutama bila kamu sering terlibat dengan proyek mengolah gambar baik untuk kesenangan pribadi ataupun untuk keperluan advertising. Dengan mendapatkan warna yang tepat, maka kamu bisa menciptakan hasil yang lebih sempurna dalam pengolahan gambar!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini