Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Apakah ada file kamu yang barusan terhapus dan kamu terlanjur menghapusnya dari Recycle Bin? Bila file tersebut sangat penting bagi kamu, maka kamu bisa berusaha untuk mengembalikan file tersebut dengan menggunakan aplikasi Pandora Recovery!

Pandora Recovery adalah aplikasi yang memungkinkan kamu melakukan recovery dari file-file yang sudah dihapus secara permanen, maksudnya adalah file yang sudah dihapus dengan cara menghapus file tersebut dari Recycle Bin atau menekan hotkeys Shift + Delete untuk menghapus file dari DOS prompt.

Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Pandora Recovery bukanlah software backup. Aplikasi ini hanya mengembalikan file yang dihapus sebulan sebelum Pandora Recovery diinstall. Lebih lama dari itu, Pandora Recovery tidak dapat mengembalikannya.

Bagaimana sih, cara kerja Pandora Recovery? Ketika kamu menghapus file dari file system FAT32 atau NTFS, maka isinya tidak akan dihapus dari hard drive, tapi hanya dimasukkan dalam file data di File Allocation Table atau Master File Table yang kemudian ditandai sebagai, terhapus. Ini berarti kamu masih bisa mengembalikan file yang terhapus dari Hard disk dengan berbagai bentuk file, baik gambar, lagu, film, atau dokumen.

Saat prosedur instalasi, kamu akan ditawari untuk menginstall Toolbar Gekko, hilangkan centang untuk menghindarinya. Kemudian saat instalasi program, kamu akan ditawari lagi untuk menginstall Ask Toolbar. Hapus centang pada “I Accept” untuk menghindarinya.

Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Interface dari Pandora Recovery juga akan menyajikan sebuah Wizard untuk memudahkan kamu dalam memanfaatkan berbagai fitur dari Pandora Recovery.

Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Pandora Recovery dapat mencari file-file yang ada, lalu memberitahukan kepada kamu file mana yang bisa direcovery. Kamu bisa juga mencari file tersebut di tempat spesifik dimana kamu tadinya menghapus file tersebut.

Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Bila sudah ketemu, kamu tinggal klik kanan untuk me-restore file lagi ke tempat yang kamu inginkan. Gampang sekali bukan?

Mencari dan Mengembalikan File Terhapus dengan Pandora Recovery

Fitur lengkap dari aplikasi ini adalah:

  • Mampu me-recover file Archive, tersembunyi, enkripsi, file kompres
  • Mengembalikan Alternate Data Streams (ADS)
  • Me-Recover gambar, dokumen, film, atau tipe file lain.
  • Estimasi keberhasilan prosedur recovery.
  • Mereview properti File dan properti Drive
  • Me-recover ke Hard Drive lokal, jaringan, atau Flash Drive
  • Mengenali NTFS, NTFS5 dan NTFS/EFS
  • Kompatibel dengan Windows Vista, Windows XP, Windows 2003 dan Windows 2000
  • Wizards, hints dan bantuan yang sensitif konteks

Kamu bisa mendapatkan Pandora Recovery dari:

https://admin.pcpandoralive.com/bin/PandoraRecovery.exe

Halaman utama Pandora Recovery:

http://www.pandorarecovery.com/

Meskipun memiliki kelemahan dalam hal mengembalikan data yang terlalu lama, namun aplikasi ini akan sangat bermanfaat ketika kamu berupaya mengembalikan file tertentu yang hilang dalam waktu dekat. Jadi, tidak ada salahnya untuk kamu mempersiapkan dan memanfaatkannya!

Jika Panda Recovery tidak berhasil mengembalikan file kamu yang terhapus, kamu bisa mencoba software recovery lainnya seperti Recuva, FreeRecovery atau iCare Data Recovery yang sudah pernah PG bahas sebelumnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini