Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Bila kamu punya banyak koleksi foto dan gambar, akan lebih mudah untuk mengatur dan melihatnya dengan aplikasi Image Viewer. PG pernah membahas Image Viewer ACD See yang kecil dan praktis, serta Photo+ yang menawarkan fasilitas untuk berinteraksi dengan jejaring sosial secara langsung. Tetapi hampir semua image viewer tersebut tidak memiliki fitur proteksi untuk melindungi koleksi foto dan gambar yang kamu miliki. Bila kamu ingin memanajemen koleksi foto dan gambar kamu dengan sebuah aplikasi yang memiliki fitur lengkap untuk kenyamanan dan keamanan (bukan editing), maka kamu perlu mencoba Helicon Photo Safe.

Helicon Photo Safe adalah solusi manajemen foto lengkap yang juga menyertakan fitur Photo Safe dimana kamu bisa mem-password gambar kamu dan menyembunyikannya agar tidak bisa dilihat. Ini menjamin privasi kamu!

Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Program ini juga bisa men-scan semua folder foto kamu dan menyimpan data thumbnail dan foto dalam sebuah database, memungkinkan kamu untuk melakukan browsing dengan cepat dan mencari gambar tersebut berdasarkan nama, EXIF data, tanggal, kata kunci dan properti gambar lainnya.

Helicon Photo Safe juga memiliki fitur image tagging dengan berbagai kategori yang bisa ditentukan sendiri, geotagging dengan fasilitas built-in map, memberi rating foto, membandingkan gambar, IPTC Editing, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu mem-burning foto kamu ke dalam CD atau DVD, juga fitur Camera Import yang memudahkan kamu mengimpor foto dari kamera atau SD Card.

Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Helicon Photo Safe memiliki interface yang tampak canggih. Panel sebelah kiri adalah panel untuk browsing, sedang panel sebelah kanan akan menampilkan preview gambar dan foto kamu. Sementara itu berbagai fitur dari Helicon Photo Safe disusun di bagian atas.

Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Kamu bisa membandingkan dua gambar atau foto dengan Helicon Photo Safe, sehingga ini bisa menjadikan kamu mengambil pertimbangan apakah kamu akan menyimpan atau menghapus foto yang kamu anggap sama atau lebih jelek kualitasnya.

Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Untuk foto yang belum memiliki tag lokasi, kamu bisa menambahkan tag (geotagging) secara langsung dengan memanfaatkan peta yang merupakan fitur built-in dari aplikasi ini. Fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang hobi fotografi atau mengkoleksi foto.

Memproteksi Koleksi Foto dan Gambar dengan Helicon Photo Safe

Salah satu fitur utama Helicon Photo Safe adalah bisa mem-burning koleksi foto kamu ke CD atau DVD. Hal itu secara mudah dapat dilakukan dengan aplikasi ini.

Bila kamu tertarik, kamu bisa mendapatkan Helicon Photo Safe secara gratis.

Halaman Utama Helicon Photo Safe:

http://www.heliconsoft.com/safe.html

Download Helicon Photo Safe:

http://www.heliconsoft.com/safe_downloads.html

Salah satu kelemahan (kalau ini bisa dianggap kelemahan) dari Helicon Photo Safe adalah, ternyata aplikasi ini akan otomatis menampilkan gambar yang kamu sembunyikan di Hard Drive (dengan fitur hidden file Windows), kecuali kamu memanfaatkan fitur dari Helicon Photo Safe untuk mengenkripsi gambar tersebut. Barulah gambar tersebut tidak akan terlihat bila di view dengan Helicon Photo Safe. Jadi, apabila kamu memutuskan untuk meng-install Helicon Photo Safe, langsung periksa daftar gambar atau foto yang kamu sembunyikan, lalu enkripsi ulang dengan menggunakan aplikasi ini. Kalau tidak, wah gawat! Dengan membuka aplikasi ini saja, semua orang bisa melihat semua gambar atau foto yang seharusnya rahasia dalam koleksi kamu! Tapi selebihnya, kenyamanan aplikasi ini dalam memanajemen koleksi foto dan gambar patut diacungi jempol!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini