Mempercepat Proses Copy – Paste dengan SuperCopier

Salah satu hal yang cukup sering kita lakukan di PC kita adalah copy-paste data. Memang OS Windows memungkinkan kita melakukan itu semua dengan mudah. Akan tetapi terkadang terjadi beberapa permasalahan dengan Windows, seperti misalnya proses kopi yang akan terasa makin berat bila kita men-copy beberapa file bergantian tanpa menyelesaikan prosedur copy sebelumnya (Jadi gambarannya, kopi data, lalu belum selesai proses, mengkopi lagi data yang lain).

Mempercepat Proses Copy - Paste dengan SuperCopier

Jika kamu ingin proses copy-paste di PC kamu berjalan lebih cepat, kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, yaitu SuperCopier.

SuperCopier menggantikan fungsi Windows Explorer file copy dan menambahkan beberapa fitur lain, memberikan laporan jelas prosedur copy, daftar pengkopian yang bisa diedit, serta error log bila terjadi permasalahan.

Software ini akan meringankan prosedur pengkopian file-file besar dan mengatasi permasalahan yang terjadi bila melakukan kopas menggunakan fungsi Windows biasa.

Setelah instalasi yang bisa dilakukan dengan cepat, kamu bisa mengakses SuperCopier di system tray. Aplikasi ini secara otomatis ‘mengambil alih’ ketika kamu melakukan prosedur kopi paste dari PC ke perangkat lain, atau sebaliknya.

Mempercepat Proses Copy - Paste dengan SuperCopier

Salah satu keistimewaan SuperCopier adalah, ketika kamu men-copy beberapa file, maka kamu bisa mengubah prioritas file mana yang ingin dicopy terlebih dahulu dengan membuka daftar fold up. Disini kamu bisa memprioritaskan mana yang ingin kamu dulukan atau tinggalkan.

Mempercepat Proses Copy - Paste dengan SuperCopier

Fitur SuperCopier juga memungkinkan bila ada file yang sama, maka kamu bisa me-rename file yang akan kamu copy tersebut secara langsung. Fitur ini sangat bermanfaat bila kamu mengkopi file yang kebetulan bernama sama dengan salah satu file yang ada di PC atau laptop kamu, padahal isinya berbeda.

Mempercepat Proses Copy - Paste dengan SuperCopier

 

Kamu bisa mendapatkan SuperCopier di:

http://sourceforge.net/projects/supercopier/

Dari tes yang dilakukan PG, SuperCopier lebih ringan dan menghabiskan lebih sedikit resource PC sehingga layak untuk dicoba. Apalagi banyak fitur tambahan yang bisa membantu kamu dalam melakukan copy paste berbagai file.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan TeraCopy yang pernah direview oleh PG beberapa waktu yang lalu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • http://www.rumahexcel.com/ rumahexcel

    di coba dulu…

  • satriani

    kok gak ada filr applicationnya? gimana cara install nya?

  • mariano

    gimana cara instalnya yach? Karna gak ada file applicationnya…