Membuka Aplikasi Dengan Cepat Menggunakan Windows Run

Pernahkah kamu membuka program atau software dengan menggunakan Windows Run? Windows Run bisa kamu temukan di Start->All Programs->Accessories->Run atau kamu bisa membukanya dengan shortcut keyboard Win+R. Sebenarnya fungsi dari Run sendiri adalah membantu membuka program, folder, dokumen atau situs dengan cepat.

Misalkan saja kamu ingin membuka program dengan menggunakan Windows Run, kamu hanya perlu mengetikkan program yang ingin kamu buka dengan tambahan .exe, contohnya seperti gambar dibawah ini:

Windows_Run

Atau jika kamu ingin membuka folder kamu cukup mengetikkan Disk yang kamu punya dengan diikuti dengan nama folder yang ingin kamu buka, contohnya sperti gambar dibawah ini:

Windows_Run

Namun sekarang yang ingin PG bahas adalah bagaimana membuka program dengan cepat dengan menggunakan Windows Run, kira-kira bagaimanakah caranya? Tentu saja dengan bantuan software. Kita memerlukan sebuah software untuk menciptakan shortcut yang kemudian baru bisa kamu buka dengan menggunakan Windows Run.

Software apa yang dibutuhkan untuk membuat shortcut? Kali ini kita menggunakan software Win+R Alias Manager untuk dapat membuat shortcut yang kemudian bisa dibuka dengan Windows Run.

Kamu bisa mendownload Win+R Alias Manager secara gratis disini:

http://winaero.com/download.php?view.28

Setelah kamu download Win+R Alias Manager, extract dan kamu jalankan WinRAliasManager. Setelah muncul window dari Win+R Alias Manager akan terlihat menu Add, Edit, Delet, Run dan List dari software yang kamu miliki.

Windows_Run

Jika kamu ingin menambahkan shortcut cukup klikkan Add, pada kolom “Alias” kamu bisa menuliskan apa saja namun untuk lebih mudahnya kamu cukup menuliskan nama software yang ingin kamu jadikan shortcut. Misalkan saja seperti gambar dibawah ini yang ingin PG jadikan shortcut adalah “Google Chrome” maka PG menuliskan “Chrome”. Pada File Path cari file .exe dari Google Chrome.

Windows_Run

Setelah usai klik Ok maka kamu sudah berhasil menciptakan shortcut yang bisa kamu buka menggunakan Windows Run.

Jika kamu ingin menggunakannya, buka windows Run kemudian ketikkan alias yang telah kamu buat dan klik ok. Jika berhasil maka program akan terbuka :).

Windows_Run

Dengan begini kamu dapat dengan mudah dan cepat membuka program, folder, atau dokumen dan kamu tidak perlu bingung lagi karena kamulah yang membuat alias untuk membukanya.

Jika kamu menyukai artikel ini klik like, tweet, atau plus one. Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke temen-temenmu :).


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini