Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

Tony Buzan pada sekitar dekade 80-an mencetuskan ide mind-mapping. Metode ini dengan cepat menjadi populer di kalangan pendidik. Premis awal dari metode Mind Map ini adalah, otak kita bekerja lebih baik dengan imajinasi serta juga mudah mengingat berbagai hubungan yang rumit dengan menggunakan gambar. Dengan membuat Mind Map, ini akan menjadikan otak mampu mengeluarkan potensi lebih karena mind map menyusun pemikiran subyek dengan didukung oleh aneka gambar-gambar serta korelasi hubungan antar ikon pada Mind Map tersebut.

Pemanfaatan mind mapping sangat luas. Selain untuk mengelaborasikan ide atau pemikiran, mind map juga bisa berfungsi mendukung memori sehingga kita akan lebih mudah mengingat tugas, tujuan, serta konsep materi presentasi… Penggunaan Mind Map nyaris tak terbatas! Dengan memperhatikan keistimewaan warisan Buzan ini, maka tidak ada salahnya bila kamu belajar memanfaatkan mind map dalam berbagai aktivitas yang membutuhkan berpikir dan mengambil keputusan. Namun bila menggambar mind map sekiranya membingungkan untuk kamu, maka software MindonTrack membantu kamu dengan meng-generate mind map tersebut secara otomatis dan tinggal memanfaatkannya.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

Mind On Track pada dasarnya merupakan aplikasi desktop untuk Windows dan Linux yang mengkombinasikan aneka pekerjaan ini. Ketika kamu membuat mind map, berbagai ide akan bermunculan untuk tugas yang tengah kamu kerjakan. Dengan MindonTrack, kamu juga bisa menyusun jadwal tersendiri untuk mendukung kinerja kamu.

Aplikasi ini memiliki elemen Excel seperti flow. kamu bahkan bisa membuat buku kerja dan lembar-lembar kerja. kamu tinggal memasukkan kalimat-kalimat yang nantinya akan menyusun mind map kamu ke baris dan kolom yang tersedia.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

 

Pertama menggunakan aplikasi ini, kamu tinggal membuka lembar formulir baru dengan mengklik Ctrl + N.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

 

Pilih template yang kamu inginkan untuk membuat Mind Map tersebut.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

 

Isikan aneka topik yang terlintas di kepala kamu. Kebanyakan orang menyusun catatan tugasnya dalam beberapa topik yang kemudian dipecah lagi ke dalam beberapa sub-topik.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

 

Setelah itu kamu bisa menampilkan gambar mind map sesuai dengan template yang kamu inginkan dengan mengklik tombol yang terletak di bagian kiri bawah interface.

Membuat Mind Map Otomatis dengan MindonTrack

Kamu bisa mendownload MindonTrack dari:

http://mindontrack.com/

Mindmap merupakan software yang tentu saja akan mendukung aneka kegiatan kamu dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya melakukan brainstorming hingga mencatat jadwal, semuanya dapat dilakukan dengan lebih mudah memanfaatkan MindonTrack.

Bila kamu menginginkan pilihan lain, kamu bisa mencoba 4 software mind mapping gratis yang pernah direview oleh PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini