Membuat Banyak Tab di Windows Explorer dengan Explorer++

Jika kamu sering bekerja dengan Windows, sudah pasti kamu tidak akan lepas dari kegiatan copy paste atau memindahkan data dari satu folder ke folder lainnya kan. Namun pernah tidak kamu mengalami kesulitan karena harus berkali-kali membuka direktori folder dalam satu jendela Windows Explorer? Ingin mempermudah pekerjaan tersebut? Jika iya, kamu perlu menggunakan Explorer++.

Membuat Banyak Tab di Windows Explorer dengan Explorer++

Explorer++ merupakan software alternatif file manager yang akan mempermudah kamu dalam mengelola banyak folder maupun drive sekaligus dalam satu jendela, atau yang lebih populer dengan sebutan multi tab. Karena software Explorer++ portable, jadi kamu tidak perlu melakukan instalasi, cukup dengan menjalankan file executable.

Setelah menginstall dan membuka software Explorer++, kamu akan di suguhkan dengan banyaknya menu-menu yang ada pada toolbar. Untuk multi tab sendiri terdapat di panel bagian tengah dan direktori terlihat pada bagian kiri. Di mudahkan lagi dengan icon dari masing-masing drive.

Membuat Banyak Tab di Windows Explorer dengan Explorer++

Jika kamu memiliki salah satu tab penting dan tidak ingin menutupnya, kamu bisa mengunci tab tersebut. Fitur menarik lainnya dari Explorer++ adalah dengan adanya akses langsung menuju program command prompt dan bookmark. Seperti mengingatkan kita ketika sedang menggunakan browser.

Membuat Banyak Tab di Windows Explorer dengan Explorer++

Membuat Banyak Tab di Windows Explorer dengan Explorer++

Tidak hanya itu saja lho, jika kamu ingin melakukan pengaturan lain agar tampilan Explorer++ terlihat lebih menarik, kamu bisa dengan mengganti font, ukuran dan warna sesuai dengan selera. Menurut PG software ini memiliki fitur yang sangat baik, namun terdapat kelemahan yaitu munculnya banyak tumbnail pada taksbar Windows, yang disebabkan bertambahnya tab yang kamu gunakan.

Berikut fitur dari Explorer++:

  •  Langsung bisa dijalankan, karena program bersifat portable
  • Akses cepat dengan adanya shortcut key
  • Dukungan penuh untuk fitur drag and drop
  • Mengubah tanggal file dan atribut lainnya
  • Memungkinkan untuk menyimpan daftar direktori
  • Image preview yang muncul pada panel bawah
  • Bookmark semua tab
  • Pencarian file cepat dengan memasukkan nama dan atribut
  • Filter file
  • Mengatur keseluruhan warna pada monitor
  • Akses ke program Command Prompt

Download Explorer++ di:

http://explorerplusplus.com

 

Jika kamu sering mengoprasikan Windows Explorer pada laptop atau PC, maka software ringan ini wajib kamu miliki. Dengan  hanya menggunakan Explorer++ tentunya kamu tidak perlu lagi kesulitan harus berpindah dari satu folder ke folder lain dalam satu jendela.

Sebagai penambah daftar koleski file manager, kamu bisa menggunakan Tab Explorer, Clover dan Multi Commander yang juga memiliki fungsi serupa. Semoga bermanfaat :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini