Membandingkan Dua File Teks Dengan Mudah Menggunakan ExamDiff

Terkadang membandingkan dua file yang memiliki sedikit perbedaan dan tampak sangat mirip memang sulit sekali dan pasti akan memusingkan. Nah daripada kamu pusing karena harus melototi layar monitor berjam-jam hanya untuk mencari perbedaan dari dua file, maka dengan menggunakan aplikasi ExamDiff kamu bisa melakukannya dengan sangat mudah dan praktis.

Tapi ingat, hanya file teks saja yang bisa dibandingkan, namun jika kamu menggunakan versi pro-nya, maka kamu bisa membandingkan file binary, direktori dan dapatkan berbagai macam fitur lainnya yang lebih lengkap. Untuk menggunakannya, pertama download ExamDiff pada link berikut ini:

http://www.prestosoft.com/edp_examdiff.asp

Setelah softwarenya terdownload, maka kamu tidak perlu melakukan installasi, karena ExamDiff merupakan aplikasi portable. Kemudian jalankan aplikasinya dan pilih file yang akan dibandingkan. Setelah itu klik OK, maka kedua file tersebut akan muncul secara berdampingan pada tampilan ExamDiff.

Bandingkan Dua File Teks Dengan Mudah dan Praktis Menggunakan ExamDiff

Lalu ExamDiff akan secara otomatis menyorot teks yang telah ditambahkan, dihapus ataupun diubah. Kamu juga bisa melakukan pengaturan untuk warna yang digunakan untuk menyorot teks yang berbeda tersebut. Aplikasi ini juga memiliki interface command line yang membuatnya lebih mudah untuk melakukan perbandingan tertentu.

Tapi terkadang akan muncul masalah saat proses membandingkan. Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan tweak. Kemudian kamu bisa mengedit salah satu teksnya dengan klik, dan ExamDiff akan mengenali bahwa teks tersebut sudah berubah,lalu kamu akan diminta untuk membandingkannya lagi. Sehingga kamu akan melihat hasilnya dengan segera.

Ukuran dari software ExamDiff juga sangat kecil yaitu sebesar 575 KB sehingga tidak akan menghabiskan ruang hardisk kamu. ExamDiff dapat berjalan pada sistem operasi Windows 95 hingga Windows 7. Sekarang kamu bisa membandingkan dua file text dengan mudah dan praktis, tidak perlu membuka kedua file text secara bersandingan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini