Membackup dan Merestore File dari USB dengan USB Image Tool

Perkembangan data storage sekarang memang semakin praktis. Apakah ada yang ingat bila sekitar tahun 2000-an kemarin kita masih mengandalkan sebuah floppy disk berkapasitas 1.5 MB. Sekarang dengan perangkat yang lebih kecil, kita bisa menyimpan data dalam hitungan Giga atau ribuan megabyte. Nah, untuk kamu yang hobi memindahkan file dengan perangkat USB, baik itu flashdisk, MP3 player, ataupun SD Card, ada aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk mengelompokkan dan menyimpan file-file yang ada di flashdisk kamu ke komputer PC atau laptop, yaitu dengan menggunakan USB Image Tool.

Membackup dan Merestore File dari USB dengan USB Image Tool

USB Image Tool 1.27 adalah software backup data yang merupakan produk dari alexpage.de, USB Image Tool bisa membuat file image (mirip dengan sistem backup Nero atau back up tool lainnya) dari USB flash disk atau MP3 player.

Interface dari aplikasi USB Image Tool ini sangat sederhana. Sebelum kamu memanfaatkan aplikasi ini, agar rapi kamu perlu mengatur dulu file di flashdisk atau perangkat USB kamu. Misalnya khusus musik, khusus gambar, atau menata aneka file ke berbagai folder. Aplikasi USB Image Tool akan mendeteksi file yang ada di perangkat USB kamu.

Membackup dan Merestore File dari USB dengan USB Image Tool

Membackup dan Merestore File dari USB dengan USB Image Tool

Dengan menekan tombol backup, kamu bisa langsung membuat image file dari seluruh isi flashdisk kamu dan menyimpannya di komputer kamu. Teknik ini akan sangat bermanfaat apabila kamu sering mengoper data dalam jumlah besar menggunakan perangkat USB. Untuk me-restorenya, cukup menekan tombol Restore pada aplikasi tersebut.

Membackup dan Merestore File dari USB dengan USB Image Tool

Fitur selengkapnya dari USB Image Tool adalah:

  • Membuat file image dari USB drive
  • Me-restore file image dari USB drive
  • Melakukan kompresi pada file image
  • Menunjukkan perangkat USB
  • Memanajemen file image USB yang disukai.

Kamu bisa mendownload aplikasi USB Image Tool di:

http://www.alexpage.de/usb-image-tool/

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, kamu bisa dengan cepat menyelamatkan data dari flashdisk kamu tanpa perlu kehilangan karena semuanya tertata rapi dalam file image. Saran PG, sebaiknya kamu mengumpulkan file image tersebut dalam sebuah folder tersendiri sehingga memudahkan kamu untuk mencari file yang kamu inginkan. Akan lebih mudah lagi dalam manajemennya bila kamu memberikan judul file image tersebut sesuai dengan tanggal kamu mengambil file-file yang kamu perlukan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini