Membaca Sekaligus Berbagi Koleksi Manga dengan ComicRack

Salah satu hal yang menjadikan penggemar mangascan tertarik untuk menggunakan software pembaca manga adalah kelebihan-kelebihan fitur yang ditawarkan bila dibanding dengan image viewer biasa. Meskipun kelihatan remeh, bagi mereka yang terbiasa membaca manga pastilah punya ‘kebiasaan’ atau ‘karakteristik’ tersendiri saat menikmati komik khas Jepang ini.

Hal tersebut tampaknya coba diakomodasi oleh ComicRack. Software pembaca manga ini menawarkan fitur-fitur yang pasti membuat ngiler para penggemar mangascan. ComicRack mendukung berbagai format populer untuk komik dan manga, selain itu juga menambahkan berbagai kemampuan navigasi ke koleksi komik kamu dalam interface yang terdiri atas tiga panel. Kamu bisa mencari koleksi kamu di panel bawah dan membaca komik dan manga yang kamu inginkan dengan panel sebelah atas.

Fitur lain yang inovatif dari software pembaca manga ini adalah, bukan saja membaca manga dalam file CBZ, bahkan aplikasi ini bisa membuatkan file CBZ dari koleksi manga kamu, sehingga kamu dapat menambahkannya di ‘perpustakaan’ (Library) tempat kamu menyimpan koleksi komik kamu.

 ComicRack: Membaca Sekaligus Berbagi Koleksi Manga

 

Setelah diinstall, ComicRack akan langsung menampilkan interface yang terbagi atas tiga panel. Panel atas nantinya menampilkan preview komik atau manga yang dibaca, sedangkan panel bawah untuk mencari dan menyimpan manga koleksi kamu.

Manga koleksi kamu akan ditampilkan dalam bentuk thumnail di panel bawah kiri. Bila kamu mengklik dua kali thumbnail tersebut, maka kamu akan membuka konten dari file manga tersebut yang akan ditampilkan pada panel sebelah atas.

Seperti umumnya manga viewer, untuk ‘menghormati’ adat asli dari pembaca manga Jepang, maka disediakan opsi untuk membaca manga tersebut dari kiri ke kanan.

Kamu bisa mengakses fitur lengkap dari aplikasi pembaca manga ini dengan mengklik ikon di sudut kanan atas. Bila kurang cocok dengan tatanan dari ComicRack, maka kamu bisa mengaturnya sesuai dengan preferensi kamu dengan memanfaatkan fitur “Preferences”

 ComicRack: Membaca Sekaligus Berbagi Koleksi Manga

Rentang kustomisasi yang bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini sangat luas. Kamu bisa mengatur sesuka kamu di bagian Preferences. Bahkan untuk mangascan yang agak gelap hasil scannya, kamu bisa menjernihkannya dengan memanfaatkan fitur di Preference

 ComicRack: Membaca Sekaligus Berbagi Koleksi Manga

Salah satu keistimewaan lain dari ComicRack adalah, kamu bisa menambahkan nilai dari manga yang kamu baca, kemudian kamu bisa membagikannya ke teman-teman kamu. Caranya cukup dengan menggunakan Ctrl-I. Bahkan kamu bisa menulis review dan ulasan tentang manga yang kamu baca.

Halaman utama ComicRack:

http://comicrack.cyolito.com/

Kamu bisa mendownload ComicRack langsung di:

http://comicrack.cyolito.com/downloads/comicrack

ComicRack menjanjikan pengalaman yang lebih intens dalam membaca manga. Bahkan kamu juga bisa melengkapi ‘perpustakaan pribadi’ kamu sendiri seraya menulis review untuk kamu nikmati sendiri ataupun dibagikan ke teman-teman kamu sesama penggemar mangascan.

Fitur di ComicRack memang cukup lengkap, tapi kelemahannya adalah terasa cukup berat ketika membuka dan memanfaatkan aplikasi ini. Mungkin karena lengkapnya fitur yang ditawarkan. Namun bila kamu ingin mencoba alternatif lain, kamu bisa mencoba memanfaatkan pViewer atau MyManga yang juga sering digunakan untuk membaca manga.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini