Mematikan PC Secara Super Otomatis dengan Shutdown Scheduler

Apakah kamu sering ketiduran di depan PC ketika tengah mengetik atau bermain game? Banyak memang aplikasi untuk secara otomatis mematikan PC dengan mendasarkan setting waktu tertentu. Tapi bagaimana kalau pada waktu yang kamu set tersebut kamu masih bangun atau ternyata masih menggunakan PC kamu? Pasti harus set time ulang.

Kasus lain, misalnya kamu sedang download film yang menawan hati, ditengah malam nan sunyi, sedangkan kantuk tak tertahan lagi. Bisa sih, tinggal tidur sebentar lalu mematikan komputer setelah download selesai… Saya tidak yakin kamu tidur ‘sebentar’… Hohoho… Yang sering terjadi adalah, ketika bangun, matahari sudah tinggi, burung-burung bernyanyi, dan kamu baru sadar komputer masih menyala dengan proses download yang sudah selesai sejak sepuluh jam tadi…

Untuk membantu kamu, kali ini ada aplikasi yang bisa secara otomatis mematikan komputer dengan memasukkan persyaratan tertentu, yaitu Shutdown Scheduler.

Mematikan PC Otomatis

Penasaran dengan aplikasinya? Download dulu aplikasi tersebut di:

http://happycomputer.pl/en/programs/sds_home.htm

Link Direct Download (versi 2.5)

Setelah prosedur download selesai, kamu bisa langsung meng-install aplikasi nan ringan tapi bermanfaat ini.

Mematikan PC Otomatis

Shutdown Scheduler memiliki lima mode dasar untuk mematikan komputer. Mode ini meliputi When Specified Period Elapses (Setelah periode tertentu berlalu, baik anda gunakan atau tidak), When the Computer is Idle for Specified Period (Bila komputer tak digunakan beraktivitas dalam jangka waktu tertentu), At Specified Time (Sesuai waktu yang telah ditetapkan), dan When Specified Application Closes (Menutup aplikasi tertentu akan memicu komputer untuk shutdown), dan untuk versi terbaru, terdapat fitur unik yaitu , When Applications Stop Playing Sounds (Ketika aplikasi berhenti memainkan suara – bermanfaat ketika kamu tengah menonton film atau mendengarkan musik. Begitu film habis atau daftar lagu di Winamp playlist kamu sudah habis). Bila kamu memilih setting tertentu, maka timer akan ditampilkan di sisi kanan. Kamu tinggal menyetting waktu sesuai yang kamu perlukan lalu klik “Begin”. Bila Shutdown Scheduler sudah berjalan, maka window utamanya akan menampilkan tipe shutdown dan tindakan yang akan dilaksanakan aplikasi ini ketika persyaratan tersebut terpenuhi.

Mematikan PC Otomatis

Bila kamu meng-klik tanda bintang pada bagian kiri atas, lalu memilih Advanced, maka menu Advanced dari aplikasi ini akan terbuka. Opsi Advanced memungkinkan kamu memilih tipe tindakan yang akan dilakukan aplikasi ketika syarat terpenuhi.

Nah, menarik sekali bukan aplikasi ini. Sekarang kamu bisa menghemat energi dengan memastikan komputer kamu shutdown ketika tidak digunakan.

Saya yakin aplikasi ini akan sangat bermanfaat. Makanya jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan kepada teman-teman lain yang punya hobi ‘ngalong’ a.k.a begadang agar mereka juga jangan sampai terlupa untuk mematikan komputernya…


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • andi sufiantoro

    jangan instal program ini…….aq instal trus booting tdk bisa dan ada tampilan hardware monitor. trus ada pesan mjhlr is compressed
    press ctrl+alt+del to restart………..terpaksa dech windows7 aq instal,untung aq punya masternya……….

    • ebey al

      termaksih bgt , trus aplikasi yg sama kaya ni apa ??