Memantau Registry yang Berjalan Saat Komputer Startup dengan StartupEye

Seperti yang sudah PG ulas sebelumnya mengenai tool tentang Registry, dapat PG paparkan disini bahwa registry pada Windows adalah seperti sebuah direktori atau tempat yang menyimpan setting atau pengaturan untuk Sistem Operasi tersebut, dalam hal ini sistem operasinya adalah Microsoft Windows.

Registry secara umum mengandung informasi dan pengaturan untuk semua hardware, software, sistem operasi, software non-system, dan setting pada setiap user. Secara umum registry dibagi menjadi lima anak direktori yang masing-masing mengandung kata kunci (key) dan anak kunci (subkey) yang disusun secara hierarkhi

Memantau Registry yang Berjalan Saat Komputer Startup dengan StartupEye

Untuk ulasan kali ini PG akan memperkenalkan kembali kepada kamu sebuah tool mengenai registry. Adalah sebuah tool yang bernama StartupEye, yang mana tool ini akan membantu kamu untuk memantau dan memonitor perubahan yang terjadi pada registry milikmu.

Dengan menggunakan StartupEye kamu dapat memantau segala perubahan yang terjadi pada registry, dimana StartupEye akan memberitahukan kepada kamu jika ada sebuah program yang mendaftarkan diri atau membuat registry untuk dapat berjalan saat Startup komputer.

Bagi kamu yang berminat untuk mengunduh StartupEye, bisa melalui tautan berikut. Sebagai catatan, untuk saat ini StartupEye baru tersedia hanya untuk platform Windows XP, Vista dan Windows 7.

Homepage : http://tcpmonitor.altervista.org/startupeye-monitor-registry-startup

Download StartupEye : http://tcpmonitor.altervista.org/download/?did=15

Untuk menggunakannya pun cukup mudah, setelah kamu selesai mengunduh, silahkan langsung saja kamu lakukan proses instalasi, dan setelah instalasi selesai langsung saja kamu jalankan program StartupEye untuk melihat dan registry apa yang sedang berjala, atau kamu juga bisa membuka pilihan “options (di tray icon)” jika ingin mengikutsertakan StartupEye pada saat komputer startup.

Memantau Registry yang Berjalan Saat Komputer Startup dengan StartupEye

Memantau Registry yang Berjalan Saat Komputer Startup dengan StartupEye_2

Selain mendapatkan pemberitahuan, tentu saja dengan mengetahui registry apa yang sedang berjalan akan mencegah kamu dari progam atau aplikasi yang tidak di kenal (terutama virus) yang berjalan saat memulai booting di Windows.

Tool ini juga terbilang tidak berat untuk di jalankan, karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, yaitu hanya 762KB saja. Disini kamu dapat menghapus setiap ada penambahan entri dari registry baru pada startup atau mengunduhnya dan melakukan scan dengan menggunakan layanan Antivirus Onine seperti VirusTotal, untuk mengetahui apakah program tersebut berbahaya atau tidak.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini