Memantau Aktivitas Windows Explorer dengan Windows Explorer Tracker

Terkadang kamu tidak sadar menghapus suatu file dan ketika kamu mencarinya, kamu bingung dimana kamu meletakkannya. Padahal file tersebut sudah kamu hapus tanpa sengaja. Jika hal ini yang sering terjadi, kamu bisa melacaknya menggunakan aplikasi yang akan PG bahas kali  ini yaitu Windows Explorer Tracker.

Windows Explorer Tracker adalah aplikasi untuk memantau setiap aktivitas Windows Explorer secara otomatis. Aplikasi ini akan memantau action seperti delete, rename, create, insert, add,dan remove file, folder, drive atau storage.

Download dan install terlebih dahulu aplikasi ini, kemudian langsung jalankan. Secara otomatis Windows Explorer Tracker akan menampilkan semua data dalam daftar yang menunjukkan perubahan file sistem.

Windows Explorer Tracker: Memantau Aktivitas Windows Explorer

Disana akan terlihat pilihan Today atau History, saat kamu memilih today maka data yang ditampilkan adalah data pada hari ini saja. Tapi jika kamu memilih history, maka kamu bisa melihat data sesuai tanggal awal dan akhir yang sudah kamu tentukan sendiri.

Pada bagian atas dari interface terdapat beberapa tombol diantaranya Manage Log Files, Detail View, Options, Homepage, Make Donation dan Exit. Jika kamu ingin menyimpan file log, tinggal klik saja pada tombol “Manage Log Files”, maka secara otomatis akan tersimpan pada hard drive. Sehingga kamu bisa membukanya lain waktu.

Sedangkan “Detail view” adalah tombol untuk menampilkan salah satu data dengan lebih detail. Tombol “Options” bisa kamu gunakan untuk mengatur display format tanggal dan waktu.

Windows Explorer Tracker: Memantau Aktivitas Windows Explorer

Tapi ingat bahwa aplikasi ini hanya berguna untuk melakukan pemantauan saja, bukan untuk memulihkan perubahan, jadi yang bisa kamu lakukan hanyalah mendapatkan informasi proses-proses yang terjadi pada Windows.

Download Aplikasi Windows Explorer Tracker pada link dibawah ini:

http://www.trisunsoft.com/windows-explorer-tracker/

Jadi sekarang jika kamu ingin memantau apa yang terjadi pada Windows dengan cara yang mudah dan waktu yang cepat, gunakan saja Windows Explorer Tracker. PG sebelumnya juga telah menulis tentang Kiwi Application Monitor yang fungsinya untuk memantau kinerja memori RAM, mungkin aplikasi Kiwi juga bermanfaat buat kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini