Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer Gratis!

Kebanyakan aplikasi system maintenance dikembangkan untuk memudahkan anda mengatur data dan mengoptimasi kinerja PC. Ketika anda menggunakan PC anda, data secara acak terus bertambah, termasuk temp file, log, registry values, startup entries, dan sebagainya yang akan memperlambat pengiriman data sekaligus juga kecepatan komputer anda. Karena itu, direkomendasikan untuk secara teratur membersihkan hard disk dari data sampah untuk memastikan sistem anda bisa berjalan dengan baik. Untuk mengoptimasi kinerja PC anda, seseorang memerlukan software system maintenance yang dapat secara otomatis men-scan file sampah yang ada di hard disk, menghilangkan sisa data invalid registry, mendeteksi rekam jejak internet dan mengosongkan cache, mencegah data yang tak semestinya masuk, dan sebagainya. Jika anda menginginkan aplikasi semacam itu, cobalah WinOptimizer.

Win Optimizer adalah aplikasi untuk Windows yang memiliki sejumlah tool dan fitur untuk mengoptimasi kinerja PC anda. Aplikasi ini menawarkan sistem satu klik untuk melakukan semua tindakan yang direkomendasikan terhadap berbagai komponen berbeda pada sistem anda, anda dapat secara manual menggunakan tool yang dibutuhkan dari daftar untuk melakukan perbaikan tertentu dan juga operasi pembersihan. Tool yang disediakan meliputi Clean Up (Drive Cleaner, Internet Cleaner, dan sebagainya), Performance Optimization (Defrag 3, Startup Tuner, Process Manager, dan sebagainya), Privacy & Security (Anti Spy, File Wiper, File Encrypter and Decrypter), System Tune up, Disk Space Explorer, File Recovery, serta File Splitter & Joiner.

Fitur yang ditawarkan menarik sekali bukan? Bila anda ingin mencobanya, anda dapat mendownload Win Optimizer di:

http://www.ashampoo.com/en/usd/pin/3606/System_Utilities/Ashampoo-WinOptimizer-Free

Pada saat instalasi, anda akan diminta menginstall MyAshampoo Toolbar. Jadi, pastikan anda memilih Custom Installation dan menghapus centang pada opsi ini untuk menghindari anda menginstall software yang tidak diharapkan pada komputer anda.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Dari tampilan awal ini, anda dapat melihat bahwa interface aplikasi memiliki 4 tab yaitu: Overview, Modules, Backups dan Favorites. Overview berisi statistik tugas yang dilakukan sebelumnya, Modules berisi tools, Backups menunjukkan perubahan yang dilakukan pada file-file Windows, sedangkan Favorites memungkinkan anda dengan cepat mengakses tool yang sering digunakan.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Anda dapat mengakses tool yang tersedia dari tab Module pada bagian atas interface. Disini anda akan menjumpai beberapa kategori berbeda meliputi: Clean up system, Optimize Performance, Privacy and security, Tune system settings, Diagnosis and information, dan File tools. Meng-klik kategori akan menyajikan semua tool yang relevan di sisi kanan bar. Kategori Clean up system category meliputi tool untuk membersihkan hard drive anda, mengoptimasi registry, dan menghapus track, browser cache & browser history dan cookies internet. Dengan satu klik, anda dapat melakukan semua operasi yang disebutkan tersebut.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Kategori Optimize Performance meliputi hard drive defragmenter, Startup Tuner, Process Manager dan Internet Tuner. File defragmenter memungkinkan anda memilih metode defragmentasi data yang diperlukan termasuk Fast Defrag, Normal Defrag dan Intelligent Defrag untuk membersihkan fragmen data dari hard disk anda.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Anda dapat menjumpai tool terkait keamanan dan privasi di kategori Privacy & Security. Tool ini memiliki alat anti spy untuk menghapuskan transmisi data yang tidak anda izinkan dari komputer anda. Sebuah penghapus file akan menghapus total file rahasia serta alat enkripsi dan dekripsi untuk file.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Anda dapat mengubah beberapa sistem dan kinerja terkait setting ini, menyimpan dan mengembalikan posisi ikon pada desktop anda dan mengedit konteks menu dari kategori Tune System Settings.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Kategori Diagnosis and Information berisi alat yang memungkinkan anda menganalisis dan mengawasi ruang hard disk dan juga menunjukkan informasi tentang software dan hardware yang tersimpan di PC anda.

Memaksimalkan Kinerja PC dengan WinOptimizer

Kategori File Tools berisi alat recovery untuk mengembalikan file yang terhapus secara tak sengaja dan memberikan akses cepat ke berbagai sistem Windows termasuk Scandisk, Defrag dan System Restore.

 

Kelebihan dan Kekurangan

WinOptimizer memiliki sejumlah tool untuk membersihkan berbagai macam data dan mengoptimasi kinerja sistem anda. Anda dapat menghapus sampah dari sistem anda, membersihkan browser history, tweak system settings, mengembalikan file terhapus dan melakukan beberapa fungsi tanpa perlu mendownload banyak program serupa. Sebagai tambahan, opsi One-Click Optimization memungkinkan anda melakukan banyak operasi system maintenance bersamaan.

Kekurangannya, aplikasi ini sering menunjukkan pesan mengganggu mengenai versi berbayar dari aplikasi ini. Lebih lagi, fitur Icon Saver hanya tersedia untuk Windows versi 32-bit.

 

Kesimpulan

WinOptimizer merupakan aplikasi system maintenance serta alat optimasi. Jika anda merasa komputer anda semakin lambat, maka aplikasi ini dapat membantu anda mempercepatnya!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini