Melihat Detail Seluruh Driver Komputer dengan DriverView

Menginstall ulang driver komputer setelah instalasi OS terkadang menyulitkan. Bila spec komputer kamu cukup mumpuni, maka kamu bisa menggunakan aplikasi seperti DriverPack Solution, Driver Magician atau Driver Scanner yang bisa secara otomatis meng-update driver kamu. Tapi kalau kamu punya PC tipe lama, masalah driver terkadang menjadi hal yang paling menyusahkan. Apalagi bila kemampuan PC masih terbatas, maksimal hanya bisa menggunakan Windows XP. Memang ada software khusus untuk mencari driver yang dibutuhkan, akan tetapi utamanya itu hanya untuk driver-driver penting seperti sound dan VGA. Sedangkan komputer memerlukan banyak Driver untuk menjalankan berbagai aplikasi maupun fasilitas multimedia.

Melihat Detail Seluruh Driver Komputer dengan DriverView

Karena itu ada baiknya bila kamu mempunyai catatan lengkap driver milik kamu, sehingga ketika meng-install ulang komputer kamu, maka kamu tidak akan kesulitan dalam mencari driver yang dibutuhkan.

Untuk bisa mengenali seluruh driver yang ada di PC, kamu bisa menggunakan DriverView.

DriverView menawarkan cara sederhana untuk melihat semua driver yang di-load ke sistem kamu. Kamu tidak perlu lagi mencari dan membaca driver tersebut di Control Panel, tapi cukup menginstall aplikasi kecil ini. DriverView akan membuat daftar semua driver di sistem kamu.

Melihat Detail Seluruh Driver Komputer dengan DriverView

DriverView tidak memerlukan instalasi dan langsung menampilkan daftar tersebut setelah dijalankan. Kamu bisa memilih kolom untuk ditampilkan dan klik dua kali elemen yang ingin kamu periksa guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait driver tertentu.

Melihat Detail Seluruh Driver Komputer dengan DriverView

Program ini juga bisa mengeluarkan laporan HTML terkait driver tertentu atau dalam daftar lengkap. Bila kamu ingin memilih dari keseluruhan daftar, maka kamu tinggal memilih seluruh driver yang tercantum di daftar dan menggunakan opsi “Save selected items” di File menu. Kamu juga bisa mendapatkan daftar lengkap driver dalam bentuk txt sebagaimana yang disajikan di gambar di atas.

Kamu bisa mendownload DriverView di:

DriverView 32-bit

http://www.nirsoft.net/utils/driverview.zip

DriverView 64-bit

http://www.nirsoft.net/utils/driverview-x64.zip

Halaman utama DriverView

http://www.nirsoft.net/utils/driverview.html

DriverView diklaim sebagai cara tercepat untuk melihat semua driver yang ada di sistem kamu. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat, terutama bila kamu adalah pemilik PC tipe lama yang memerlukan banyak driver tambahan. Untuk melengkapi informasi tentang PC kamu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi PC Audit Portable yang juga pernah dibahas oleh PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini