Melakukan Shutdown Otomatis dengan AMPWinOff

Apakah kamu tipe orang yang sering sekali tertidur di depan layar komputer? Suka bekerja hingga larut malam? Atau membiarkan komputermu mendownload sesuatu selama berjam-jam? Daripada khawatir komputermu panas karena menyala terlalu lama, kamu bisa memanfaatkan program tertentu untuk mengatur agar komputer shutdown secara otomatis.

Banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut. PG pernah mereview SmartPower, WinMend Auto Shutdown, Shutdown Scheduler, dan Sleepwalker. PG menambahkan lagi daftar program tersebut dengan WinOff.

Melakukan Shutdown Otomatis dengan AMPWinOff

WinOFF adalah perangkat untuk mengotomatiskan shutdown Windows. Aplikasi ini mendukung tindakan shutdown, restart, hibernate, lock workstation, dan juga bisa dijadwalkan untuk melakukan tindakan secara reguler atau ketika CPU dalam posisi tidak melakukan kegiatan apapun (idle) dalam jangka waktu tertentu. Opsi yang ada meliputi shutdown sistem pada waktu tertentu (berdasarkan jam di CPU kamu) atau dalam jangka waktu beberapa menit atau jam (misalnya 15 menit atau 5 jam setelah kamu melakukan setting). Program ini juga akan menampilkan pesan selama 15 detik sehingga kamu akan mendapatkan kesempatan untuk membatalkan shutdown. Aplikasi ini juga sangat ringan serta mudah digunakan.

Melakukan Shutdown Otomatis dengan AMPWinOff

Interface WinOff memang terkesan ribet, tapi itu karena memberikan kamu kesempatan untuk melakukan berbagai macam pengaturan terkait teknis shutdown komputer. Kamu bisa menetapkan ‘aturan’ shutdown dengan mendasarkan waktu tertentu, atau juga mengatur shutdown dilaksanakan setelah berapa jam setelah setting dibuat.

Melakukan Shutdown Otomatis dengan AMPWinOff

Dengan mengklik tab “General Options” kamu akan mendapatkan opsi terkait apakah kamu perlu menutup program tertentu dulu saat melakukan shutdown atau langsung memaksakannya. Disini kamu juga bisa mengatur untuk menampilkan peringatan bahwa komputer akan dimatikan selama berapa menit dan berapa kali sebelum prosedur shutdown dilaksanakan.

Melakukan Shutdown Otomatis dengan AMPWinOff

Pada tab “Administrative Options”, kamu bisa mengatur pesan yang ingin kamu sampaikan kepada user komputer. Bila kamu tidak menggunakan komputer tersebut seorang diri, kamu bisa melindungi aplikasi ini dengan password agar tidak dapat dibatalkan. Ini akan berguna apabila kamu mempunyai adik yang masih kecil, dan kamu ingin agar dia dibatasi bermain komputer hingga jam tertentu agar tidak lupa untuk tidur. Proteksi password akan menjadikan adikmu tidak dapat berbuat apapun selain memandang komputer yang perlahan-lahan mati dengan sendirinya. Hehe…

Fitur lengkap dari WinOff adalah sebagai berikut:

  • Shutdown komputer pada jam tertentu
  • Shutdown komputer setelah waktu tertentu berlalu (misalnya setelah 15 menit)
  • Shutdown komputer ketika CPU tidak menjalankan fungsi apapun (idle)
  • Beberapa tipe shutdown (shut down, restart, log off, power off, suspend, hibernate dan lock computer).
  • Opsi untuk mematikan modem dan tidak melakukan shutdown (untuk membatasi anggota keluarga kamu, misalnya adik kamu keasyikan bermain internet)
  • Opsi password untuk menjaga agar konfigurasi tidak diubah
  • Opsi untuk meng-capture desktop dan/atau mengeksekusi program tertentu sebelum shutdown, sehingga kamu tahu program apa yang terakhir dibuka
  • Opsi untuk menjalankan program ini langsung ketika kamu masuk Windows
  • Opsi untuk menampilkan peringatan serta membatalkan shutdown
  • Bekerja dengan baik serta kompatibel untuk Windows 9x/Me/NT/2000/XP.

Kamu bisa mendownload WinOFF di:

http://www.ampsoft.net/files/WinOFFSetup.exe

Halaman utama WinOFF:

http://www.ampsoft.net/utilities/WinOFF.php

Aplikasi ini akan sangat bermanfaat, terutama bila kamu memiliki anggota keluarga yang kamu tidak ingin agar ia tidur terlalu malam atau menggunakan komputer berlebihan. Juga apabila kamu punya hobi download dan tidak ingin agar komputer menyala terlalu lama setelah prosedur download selesai.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini