Melakukan Resize pada Gambar tanpa Mengubah Ukuran Subyeknya

PG sering membahas tentang aplikasi untuk memanipulasi gambar dan foto, antara lain dalam artikel “Tiga Software Manipulasi Foto Gratis” dan “Bukan sulap bukan sihir: Menghilangkan bagian foto yang tidak kamu inginkan”. Kali ini PG menghadirkan software manipulasi foto yang cukup unik, yang mana fitur utamanya adalah kamu bisa melakukan resize foto dengan tetap membiarkan obyek utama Foto tersebut tetap tidak berubah. Apa manfaatnya? Tentu saja kamu bisa bersuka ria memanipulasi foto sehingga kamu kelihatan lebih tinggi dari Hakeem Olajuwon mungkin? Atau Eifel kelihatan sejajar dengan kamu? Atau kamu kelihatan berendam di sebuah bak raksasa (padahal Cuma bak mandi rumah). Menarik bukan?

Selain opsi Smart Resize yang menjadi andalan aplikasi ini, kamu bisa juga melakukan resize secara biasa dan juga crop. Seperti image editor lainnya, aplikasi ini memiliki fitur standar seperti menambah dan mengurangi Brightness, dan meningkatkan / mengurangi Contrast. Opsi Crop, Resize, Text, dan Smart Resize tersedia di sisi kanan. Penasaran? Ayo langsung kita coba!

Download ImageResize ini di:

http://tintguide.com/imageresize.html

Aplikasi ini cocok di segala jenis Windows yang kamu gunakan. Kompatibilitasnya sangat bagus, tapi kamu perlu memiliki software image editor untuk membantunya menjalankan aplikasi, misalnya Adobe Photoshop.

Cara untuk melakukan resize sangat sederhana. Kamu tinggal membuka sebuah foto atau gambar yang kamu miliki. Panel aplikasi untuk smart resize dari aplikasi ini sebagian besar berada di bagian kanan gambar.

Melakukan Resize pada Gambar tanpa Mengubah Ukuran Subyeknya

Klik opsi smart resize, lalu kamu harus ‘mengunci’ obyek foto utama kamu. Tujuan melakukan hal ini adalah agar obyek tersebut nanti ‘tidak bergerak’ ketika kamu meresize foto tersebut.

Melakukan Resize pada Gambar tanpa Mengubah Ukuran Subyeknya

Setelah sudah ‘dikunci’ klik ikon gembok di sebelah kanan, lalu atur New Image Size. Bila kamu menggeser petunjuk pengukuran ke kiri, maka gambar akan mengecil, sedang bila kamu geser ke kanan, gambar akan membesar.

Melakukan Resize pada Gambar tanpa Mengubah Ukuran Subyeknya

Dalam contoh yang PG buat, gambar tersebut dikecilkan oleh PG, sehingga pantai yang tadi luas nampak kecil, sedangkan obyek tidak berubah. Kamu bisa memainkan kreativitasmu untuk menghasilkan gambar-gambar yang unik.

Melakukan Resize pada Gambar tanpa Mengubah Ukuran Subyeknya

Dengan aplikasi ini, kamu bisa memanipulasi foto atau gambar sesuai dengan keinginan kamu. Oh ya, PG lupa menceritakan kelemahan aplikasi ini: Hasil produk aplikasi ini hanya bisa ber-ekstensi .TPI, yang mana hanya bisa dibuka dengan aplikasi ini saja, sedangkan bila ingin mengubah ke JPG, PNG, BMP, dan sebagainya, maka kamu harus membeli lisensi lebih dulu…

Oke, PG kabur dulu sebelum kamu melemparkan sandal atau sepatu ke layar monitor… Ampuuuuun!….

Upps..tetapi kamu bisa mengambil screenshotnya dengan software screen capture seperti PicPick, Screen Capturer, atau Free Screenshot Capture. Jadi kamu tetap bisa menyimpan gambar yang sudah kamu modifikasi menjadi berbagai format seperti JPG, PNG, BMP, dsb. Itu adalah cara untuk “mengakalinya”! :D

Hmmm…PG gak jadi kabur deh :p


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • masabib

    Apakah tidak merusak kualitas poto sob?