Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

Kadangkala kita ingin menshare foto-foto dalam jumlah besar ke jejaring sosial. Bila kamu mempertahankan versi RAW dari foto tersebut yang beresolusi tinggi, selain memperberat website jejaring sosial yang kamu gunakan, kamu juga akan menghabiskan banyak waktu guna mengupload foto-foto tersebut. Masalah berikutnya adalah, kamu juga akan menjadikan teman-teman kamu yang mengakses foto-foto tersebut kesulitan, bahkan bisa juga memacetkan browser karena ukurannya yang terlalu ekstra.

Nah, untuk mengatasi hal ini, kita perlu melakukan resize. Tapi, bagaimana kita bisa melakukan resize dengan cepat? Nah, untuk inilah kita memerlukan sebuah software resize processing. BIMP (Batch Image Processor) merupakan salah satu yang handal!

Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

BIMP adalah sebuah batch processor untuk file gambar yang memungkinkan kamu melakukan banyak fungsi pada banyak gambar. Software ini bisa digunakan untuk membuat thumbnail dari gambar, menambahkan prefix / postfix, merename file, flip atau me-rotate gambar, dan juga menggunakan efek anti-aliasing dan bevel. Sebagai tambahan, software ini juga bisa mengubah format gambar keĀ  GIF, JPG, PNG, BMP, MIFF, TIFF atau TGA. Semua perlakuan itu bisa dilakukan satu per satu atau bersamaan dalam sebuah kombinasi!

Dalam proses instalasi software ini, jangan lupa mengubah centang ke custom, kemudian hilangkan centang pada “Download and Install default tab”. Ini akan menjadikan kamu tidak perlu menginstall aplikasi yang tak kamu inginkan.

Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

Jawab “No” bila kamu ditawari untuk menginstall Hotspot Shield. Ini adalah salah satu crapware dari aplikasi BIMP.

Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

 

Interface BIMP sekilas kelihatan ribet, akan tetapi sebenarnya mudah dipahami. Panel pertama di sebelah kiri merupakan eksplorer yang membantu kamu menemukan file. Panel tengah akan berisi file gambar yang bila kamu centang akan termasuk file yang diproses nantinya. Sedangkan panel paling kanan menampilkan preview gambar yang ingin kamu olah.

Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

Kalau kamu tidak ingin menetapkan ukuran resolusi yang baku, maka pada kolom “Dimensions” jangan memilih “Fix to size”. Kamu lebih baik memilih opsi “restrict width & height” yang akan menjadikan program ini mengkalkulasikan sendiri ukuran file gambar yang nantinya akan kamu proses.

Bila sudah, maka kamu bisa mengklik tombol “Start”.

Melakukan Resize lebih Mudah dan Cepat dengan BIMP

Maka BIMP akan langsung memproses perintah kamu untuk meresize folder gambar tertentu.

Kamu bisa mendapatkan BIMP di:

http://bimp-batch-image-processor.en.softonic.com/

BIMP merupakan software batch image processing dengan prosedur yang mudah dimengerti dan diterapkan. Fiturnya memungkinkan kamu mengubah jenis file kamu ke bentuk JPG, GIF, TIF, dan sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi Free Image Resizer, Cool Tweak, atau Easy Image Modifier yang pernah direview oleh PG.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini