Marcin Kleczynski: Dari Tukang Servis Menjadi CEO Anti Malware Terkemuka

Ketika PG menyebutkan Marcin Kleczynski, mungkin kamu belum tahu siapa orangnya. Tetapi kalau PG menyebutkan Malwarebytes, mungkin kamu sudah mengenal softwarenya.

Marcin Kleczynski: Dari Tukang Servis Menjadi CEO Anti Malware Terkemuka

Malwarebytes adalah sebuah perusahaan yang memproduksi software Anti Malware. Malwarebytes Anti Malware sangat populer karena mampu membasmi malware yang seringkali lolos dari sergapan antivirus tradisional.

Namun tahukah kamu bahwa Malwarebytes Anti Malware ini dibuat oleh orang yang mengawali karirnya sebagai teknisi servis komputer?

Melalui interview dengan Techspot, Marcin menceritakan bagaimana awal mula dia mengembangkan Malwarebytes hingga menjadi terkenal seperti sekarang ini.

Marcin mengawali karirnya sebagai teknisi di tempat servis komputer di Chicago. Saat itu dia masih SMA tahun terakhir. Setiap kali ada pelanggan yang software komputernya bermasalah, dia dan bosnya selalu memformat ulang komputer tersebut..walaupun terkadang masalahnya hanya masalah kecil saja.

Kala itu Rootkits masih baru muncul dan adware-lah yang sering menjadi biang masalah setiap komputer. Marcin tidak pernah kepikiran untuk langsung “membasmi” masalahnya saja tanpa harus format ulang.

Hingga pada suatu hari akhirnya komputer dia sendiri yang terkena infeksi. Saat itu dia langsung mencoba berbagai software security..mulai dari Symantec, McAfee, dan berbagai software lainnya. Tetapi tidak satupun yang bisa membasmi malware tersebut.

Marcin akhirnya mencari solusi melalui Google dan menemukan sebuah forum bernama SpywareInfo. Dia langsung daftar, memposting masalahnya dan 3 hari kemudian ada yang memberikan cara untuk mengatasinya!

Akhirnya dia aktif di forum tersebut dan menjadi akrab dengan para membernya. Tidak lama setelah itu Marcin mulai mencoba mengembangkan utilities yang sangat kecil dan sederhana. Freeware pertama yang dia buat adalah “About Buster“. Freeware tersebut mampu membersihkan komputer dari infeksi virus About:Blank yang saat itu tidak mampu dibersihkan oleh antivirus.

Marcin Kleczynski: Dari Tukang Servis Menjadi CEO Anti Malware Terkemuka

 

Aplikasi buatannya menjadi semakin populer, namun Marcin tetap bekerja sendirian untuk mengembangkannya. Seseorang akhirnya menghubungi Marcin dan menawarkan bahwa dia memiliki domain Malwarebytes.com yang tidak digunakan. Dia pun setuju untuk membelinya, dan itulah awal mula dari berdirinya Malwarebytes.

Di masa Marcin kuliah, dia dan teman kuliahnya mengembangkan software dengan nama RogueRemover. Software ini dibuat untuk membasmi Rogue, malware antivirus palsu yang menakuti pengguna komputer dengan infeksi yang sebenarnya tidak ada. RogueRemover ini akhirnya menjadi cikal bakal engine Malwarebytes saat ini.

Marcin Kleczynski: Dari Tukang Servis Menjadi CEO Anti Malware Terkemuka

Dia mulai membuat forum dimana orang bisa melaporkan apapun, mulai dari kesalahan deteksi atau malware terbaru. Disanalah dia bertemu dengan Bruce Harrison, seseorang yang sangat aktif di forum.

Marcin pun mengajak Bruce Harrison untuk bergabung di proyek yang sedang dia kerjakan:

“Hey, saya sedang mengembangkan produk bernama Malwarebytes. Saya senang sekali jika anda mau bergabung untuk membantu saya. Saya tidak bisa membayar anda sekarang, saya tidak punya uang. Kita akan melakukan ini secara gratis”

Bruce setuju dan akhirnya mereka mengembangkan Malwarebytes bersama-sama. Di tangan keduanya, Malwarebytes berkembang begitu pesat. Dengan model bisnis freemium (gratis dengan fitur terbatas, dan ada fitur tambahan untuk versi berbayar), Malwarebytes terus berkembang menjadi besar. Mereka terus merekrut orang yang berkompeten untuk semakin melebarkan sayap.

Marcin Kleczynski: Dari Tukang Servis Menjadi CEO Anti Malware Terkemuka

Saat ini Marcin menjadi President & CEO Malwarebytes. Produknya telah digunakan banyak perusahaan besar di Fortune 500 dan telah melindungi lebih dari 80 juta komputer di seluruh dunia. Kita yang di Indonesia-pun ikut menikmati manfaat Malwarebytes Anti Malware ini. Sebuah pencapaian yang luar biasa setelah 8 tahun berjuang!

Adakah hal yang kamu dapatkan dari kisah Marcin Kleczynski ini?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • iman surabaya

    inikah dewa malwer :D , Si Marcin !
    yg Productnya masih saya pake sampai skrng ! :D