Lupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent Sync

Backup dan sinkronisasi file secara otomatis sekarang memang sedang nge-trend. Tetapi sayangnya hampir semua fitur tersebut hanya bisa dinikmati jika file kita melewati cloud storage. Dropbox, SugarSync, OneDrive dan puluhan layanan cloud storage lainnya rata-rata menyediakan fitur tersebut. Lalu bagaimana jika kita ingin melakukan sinkronisasi file tanpa ingin file tersebut tersimpan di cloud storage? Bukankah cukup beresiko juga jika file super penting kita tersimpan secara online di cloud storage milik pihak ketiga yang kita sendiri tidak tahu security nya seperti apa?

BitTorrent sepertinya mengerti akan kebutuhan privasi ini dan menciptakan aplikasi keren yang dinamakan BitTorrent Sync. Meskipun untuk saat ini BitTorrent Sync masih dalam status beta, tetapi aplikasi ini sangat layak untuk kamu gunakan.

BitTorrent Sync memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi file ke berbagai device tanpa harus melewati cloud storage. File kamu hanya akan tersinkronisasi ke device yang kamu inginkan. Tanpa cloud storage, tanpa penyimpanan di pihak ketiga.

File dan folder yang kamu inginkan bisa tersinkronisasi ke berbagai device dengan berbagai platform, mulai dari Windows, Mac, Android, iOS, Linux, bahkan FreeBSD!

Lalu bagaimana cara sinkronisasi file menggunakan BitTorrent Sync?

Untuk menjelaskannya, PG menggunakan skenario sinkronisasi file otomatis dari PC Windows ke smartphone Android. Untuk itu hal pertama yang perlu PG lakukan adalah menginstall BitTorrent Sync di kedua device tersebut.

BitTorrent Sync untuk berbagai platform bisa didownload disini

Saat melakukan proses instalasi di PC, pilih saja Standard Setup.

Lupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent Sync

 

Setelah memilih folder yang akan disinkronisasi, kamu akan mendapatkan secret key untuk sinkronisasi folder tersebut. Abaikan saja key tersebut dan klik next. Kita akan proses otentikasi device di langkah selanjutnya.

Setelah kamu masuk di aplikasi BitTorrent Sync, klik kanan folder yang ingin kamu sinkronisasi dan pilih Connect mobile device. Sebuah QR Code akan muncul, scan QR Code tersebut dari aplikasi BitTorrent Sync di Android.

Lupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent Sync

Lupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent Sync

 

Aplikasi BitTorrent Sync di Android akan langsung mendeteksi QR Code tersebut dan langsung memasukkannya ke dalam daftar folder sinkronisasi. Kini setiap perubahan yang terjadi di folder tersebut, entah penambahan ataupun modifikasi file akan langsung tersinkronisasi ke smartphone Android kamu.

Lupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent SyncLupakan Cloud Storage: Backup dan Sinkronisasi File ke Berbagai Device dengan BitTorrent Sync

Cara yang sama juga bisa kamu gunakan untuk berbagai device lainnya. Kamu bisa sinkronisasi dari PC ke PC, Mac, Linux, iOS, Android, atau sebaliknya dengan sangat mudah. Kamu bahkan bisa menambahkan sebanyak mungkin folder yang kamu inginkan untuk disinkronisasi.

Inilah yang disebut keren!

BitTorrent Sync memungkinkan data kamu tetap tersinkronisasi tanpa harus menyimpannya di cloud storage pihak ketiga. Tertarik? Silahkan langsung download aja. Gratis kog! ;)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Ian

    yang di maksud FreeBSD itu apa ya?

  • makasih banyak triknya, jadi aman backup file