Linux Akhirnya Bisa Dijalankan di Windows 8 PC

Kalau kamu mengikuti perkembanganya, Windows 8 kini menggunakan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) Secure Boot yang ditempatkan di BIOS. Ini dibuat dengan tujuan agar Windows 8 lebih aman, tetapi efek sampingnya akan membuat sistem operasi berbasiskan Linux tidak bisa booting di Windows 8 PC. Oh man..come on!

Bagi kamu pengguna Linux pasti sedikit kecewa dengan penggunaan Secure Boot di Windows 8 ini. Tetapi jangan nangis bombay dulu..karena ada satu kabar menggembirakan dari Linux Foundation. Mereka mengembangkan lagi Linux agar bisa berjalan di device yang memiliki Secure Boot. Ini artinya, Linux akan bisa dijalankan di Windows 8 PC. Ayee! :D

Linux Akhirnya Bisa Dijalankan di Windows 8 PC

Linux Foundation akan mengimplementasikan Microsoft Key dan pre-bootloader kecil yang akan membuat Linux (maupun sistem operasi lainnya) bisa berjalan. Pre-bootloader tersebut akan melakukan verifikasi “present user” agar tidak dimanfaatkan oleh malware untuk menyerang keamanan sistem.

Linux Foundation mengatakan bahwa proses mendapatkan Microsoft Key ini akan butuh waktu yang cukup lama. Tetapi ketika semua selesai, pre-bootloader ini akan diupload di website Linux Foundation agar kamu bisa mendownload dan menggunakannya.

So..bagi kamu pecinta dan pengguna Linux, kamu tetap bisa menggunakan sistem operasi berbasis Linux di Windows 8 PC atau bahkan Windows 8 Tablet :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini