Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

Apakah kamu salah satu orang yang sering meninggalkan komputer Windows dalam keadaan menyala begitu saja? Mungkin hal itu kamu lakukan karena sedang melakukan download, menginstall maupun mengupdate komponen yang membutuhkan waktu lama dan kamu bosan untuk menunggunya. Jika di sekitar tempat tinggal kamu tidak terdapat teman yang suka menjahili mungkin komputer akan aman-aman saja. Namun bagaimana jika sebaliknya? Pasti harus berfikir dua kali bukan untuk meningalkan komputer dalam keadaan menyala.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

Cara tepat untuk mengantisipasi kejadian tersebut adalah dengan mencoba memberi pengamanan ekstra. Windows sendiri memang telah menyediakan fitur built-in untuk melindungi komputer yang sering kita jumpai saat Windows selesai melakukan booting. Namun jika fitur tersebut dirasa belum efektif dan menginginkan cara lain yang berbeda, PG sarankan kamu menggunakan ScreenBlur.

ScreenBlur merupakan software gratis yang bisa kamu gunakan untuk melindungi desktop komputer dari tangan-tangan jahil ketika sedang menyala dengan mekanisme cara penguncian inovatif. Sangat berbeda dengan lainnya, karena saat ScreenBlur di jalankan mungkin akan membuat orang yang ingin membobol keamanan menjadi kebingungan dan bisa saja mengurungkan niat jahilnya.

Jika kebanyakan software sejenis akan memunculkan form password untuk mengaksesnya, tidak berlaku lagi di ScreenBlur. Ini mungkin yang bisa menjadi daya tarik para penggunanya. Terlebih lagi kamu tidak perlu repot-repot melakukan installasi, jadi bisa langsung di pergunakan. Penasaran? Berikut PG akan memberikan cara menggunakan ScreenBlur.

Setelah terdownload, jalankan ScreenBlur. Saat jendela mulai terbuka, kamu akan di perintahkan terlebih dahulu untuk menentukan password yang digunakan nantinya. Jika sudah menentukan password, jangan terburu-buru untuk menekan tombol Lock Screen karena secara otomatis akan bekerja, namun tekan tombol Set dahulu.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

 

Berpindah ke tab Automation. Pengaturan ini bisa kamu gunakan untuk menentukan apakah software akan bekerja saat Windows mulai berjalan, dekstop akan terkunci dengan waktu yang telah ditentukan, memunculkan suara ketika mengakses ScreenBlur, dan menghilangkan suara perintah tertentu.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

 

Sesuai dengan namanya Hotkeys berfungsi untuk mempercepat pekerjaan kamu melakukan perintah dengan kombinasi tombol. Opsi pertama untuk memulai mengunci desktop. Kedua untuk mengaktifkan desktop blackout (layar desktop akan menjadi hitam dan menyembunyikan elemen di dalamnya). Dan opsi yang terakhir adalah untuk membuka jendela pengaturan. Semua tombol bisa diganti sesuai dengan selera dan jangan lupa mencentang Enable.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

 

Tab Interface berfungsi untuk melakukan perubahan terkait dengan warna latar, warna font, mengganti ukuran, menampilkan durasi waktu, labels, tombol langsung untuk mematikan komputer, mengganti bahasa dan merubah warna icon di system tray.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

 

Setelah semua pengaturan selesai kamu tentukan, sekarang waktunya untuk mencoba menjalankan ScreenBlur. Sebelum memulai, pastikan kamu benar-benar mengingat kunci password. Kamu bisa mengunci layar dekstop melalui system tray atau menggunakan shortcut key yang telah kamu pilih.

Beginilah saat ScreenBlur bekerja melakukan proteksi desktop. Untuk membukanya langsung saja ketikkan password, tidak perlu lagi untuk mencari form password.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

 

Dan tampilan saat mengaktifkan mode Desktop Blackout. Segala elemen yang terdapat di desktop akan di samarkan dengan layar berwarna hitam.

Lindungi Desktop Windows dengan Menggunakan ScreenBlur

Sistem operasi yang didukung:

  • Windows XP
  • Windows Vista
  • Windows 7
  • Windows 8
  • Versi 32-bit dan 64-bit

Download ScreenBlur di:

https://sites.google.com/site/indeepsoft/ScreenBlur%201.3.0.21.zip?attredirects=0

Halaman Utama ScreenBlur:

http://indeepsoft.blogspot.com/2011/08/screenblur-desktop-locker.html

ScreenBlur merupakan software Windows yang sangat baik, bisa kamu gunakan untuk melindungi desktop komputer dari tangan-tangan jahil. Jadi akan tetap aman meskipun kamu akan meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. Tertarik? Langsung saja download. Semoga bermanfaat ya :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini