Kumpulkan Semua Instant Messenger Kamu Menjadi Satu dengan Instantbird

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone, IM atau instant messenger menjadi salah satu alternatif yang disukai oleh banyak orang. PG yakin bahwa kamu pasti salah satu penggunanya. Begitu banyak pilihan instant messenger yang mudah digunakan. YM atau Yahoo Messenger merupakan salah satu yang paling popular di Indonesia. Kemudian Google dengan Google Talk-nya berupaya menyaingi Yahoo. Ada lagi beberapa Instant Messenger populer seperti ICQ, MSN, IRC, dan yang terbaru Facebook juga berupaya untuk ikut serta dalam persaingan Instant Messenger.

Kadang memusingkan juga di PC atau laptop kita bila kita membukanya satu persatu. Tapi bagaimana lagi? Terkadang teman atau kenalan kita menghubungi dan memberi kabar lewat Instant Messenger tersebut. Tentu saja kamu tidak ingin melewatkan kabar terbaru bukan? Siapa tahu penting.

Kali ini PG akan mereview aplikasi desktop yang dapat membuka semua akun IM kamu secara bersamaan. Aplikasi tersebut adalah Instantbird. Sebelumnya PG pernah membahas sekilas aplikasi ini lewat artikel berjudul: 10 Instant Messaging Alternatif Pasca Ditutupnya Meebo. Kini PG membahasnya secara spesifik.

Instant Bird memiliki keistimewaan karena aplikasi ini bisa membuka YM, GTalk, ICQ, MSN, IRC, Facebook, dan bahkan Twitter di interfacenya.

Kumpulkan Semua Instant Messenger Kamu Menjadi Satu dengan InstantBird

Setelah mendownload aplikasi di website Instantbird, kamu akan diminta untuk mendaftarkan akun IM kamu di instantbird.

Kumpulkan Semua Instant Messenger Kamu Menjadi Satu dengan InstantBird

Disini PG mengambil contoh dengan mendaftarkan akun Twitter. Setelah didaftarkan, aplikasi ini akan meminta otorisasi dari Twitter, baru kemudian kamu bisa membuka akun tersebut di desktop. Tapi jangan diharapkan interface-nya bakal sekeren Twitter Desktop Client lainnya. Tampilan instantbird sangat sederhana dan hanya berfokus untuk menggunakan Instant Messenger.

Kumpulkan Semua Instant Messenger Kamu Menjadi Satu dengan InstantBird

Kamu bisa menambahkan lagi akun kamu lainnya. Misalnya Yahoo Messenger. Prosedurnya kurang lebih serupa. Setelah ‘mendaftarkan’ Yahoo Messenger pada aplikasi desktop ini, maka kamu akan bisa membuka akun YM kamu bersamaan dengan akun lain yang telah kamu buka

Kumpulkan Semua Instant Messenger Kamu Menjadi Satu dengan InstantBird

Di interface instantbird, terdapat opsi untuk disconnect bila kamu ingin keluar dari salah satu akun. Instantbird juga langsung memberikan notifikasi tiap kali ada pesan baru masuk. Jangan kaget kalo notifikasi kamu terus menerus ‘berdering’ karena seluruh akun IM kamu terbuka di desktop client ini.

Setelah PG mencobanya, salah satu kelemahan Instantbird adalah untuk Facebook dan Twitter, terkadang koneksi terputus. Mungkin karena besarnya data yang harus ‘diangkut’ ke desktop client ini. Tapi aplikasi chat seperti YM lancar dijalankan di Instantbird. Kamu bisa mencoba menggunakannya untuk terhubung dengan semua akun IM kamu…

Kamu bisa mendownload Instantbird secara gratis disini:

http://instantbird.com/

Oh iya..jangan heran ya kalau InstantBird ini namanya hampir mirip dengan Thunderbird, Blackbird atau Buzzbird. Yup karena memang semuanya sama-sama buatan Mozilla, si pembuat browser Mozilla Firefox yang populer itu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini