Komputer Kini Bisa Mengenali Gambar Sketsa Layaknya Manusia!

Ah..semakin canggih aja dunia teknologi saat ini. Baru-baru ini peneliti dari Brown and the Technical University di Berlin berhasil mengembangkan program yang bisa mengenali sketsa yang digambar manusia. Bahkan program tersebut bisa mengenali sketsa yang digambar secara real time!

Komputer Kini Bisa Mengenali Gambar Sketsa Layaknya Manusia!

Waktu pertama kali melihat videonya, PG benar-benar terkesima dengan tingkat akurasi dari pengenalan sketsa program ini.

Lihat saja betapa cerdas dan canggih program ini dalam mengenali sketsa:

Di video tersebut terlihat bahwa komputer mengenali sketsa gambar secara real time, sesaat setelah seseorang menggambar sketsa tersebut di layar touch screen.

Si peneliti bahkan sempat membandingkan kemampuan program ini dan kemampuan manusia dalam mengenali sketsa yang digambar. Hasilnya? Program ini mampu memberikan tingkat akurasi hingga 56%, sedangkan manusia memberikan tingkat akurasi hingga 73%. Cukup bagus untuk program yang masih dalam tahap pengembangan.

Saat ini program tersebut belum siap untuk dirilis karena masih terbatas untuk mengenali 250 kategori saja. Peneliti mengatakan bahwa kedepannya program ini akan dikembangkan agar bisa belajar langsung dari data dan input yang dimasukkan oleh penggunanya.

Sepertinya program cerdas ini akan dikembangkan menjadi game untuk smartphone atau tablet. Mmmm..mungkin semacam game tebak-tebakan antara manusia dan komputer, dimana kamu menggambar sketsa dan si komputer akan menebak hasil gambar sketsa kamu.

Program ini membuat komputer menjadi selangkah lebih cerdas dengan bisa mengenali gambar sketsa layaknya manusia.

Tetapi seperti kata pepatah tua “Dibalik Pria yang Sukses..ada Wanita Hebat Dibelakangnya”, seperti itu pulalah kecanggihan sebuah komputer: “Dibalik komputer/program yang canggih..ada peneliti/programmer/coder hebat dibelakangnya”.

Setuju? ^^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini