Ketahui Apa Saja yang Bikin Hard Disk Penuh dengan Disk Space Reporter

PG pernah menuliskan artikel untuk mengetahui apa saja yang membuat hard disk kita penuh. Salah satunya mungkin adalah file-file berukuran besar yang sudah tidak kamu butuhkan lagi. Bagaimana kita bisa menemukan file-file tersebut dengan cepat? Kali ini PG menawarkan Disk Space Reporter untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Ketahui Apa Saja yang Bikin Hard Disk Penuh dengan Disk Reporter

Disk Space Reporter adalah software yang bisa mendeteksi seluruh file yang ada pada hard drive kemudian menyusun peringkat 100 file terbesar yang ada di drive kamu. Dengan demikian kamu bisa melihat apakah diantara file-file besar tadi ada file yang ternyata kamu tidak perlukan, sehingga kamu bisa menghapusnya.

Penggunaan software ini pun sangat-sangat mudah. Setelah prosedur instalasi, kamu tinggal mencentang drive yang ingin kamu periksa, lalu klik tombol “Start”

Ketahui Apa Saja yang Bikin Hard Disk Penuh dengan Disk Reporter

Disk Space Reporter akan melakukan beberapa langkah guna memeriksa hard disk kamu. Yang pertama adalah membaca struktur disc dan membuat peringkat, memindai besarnya ruang dan folder, menambahkan ruang subfolder, menghitung ruang data, lalu mengurutkannya.

Ketahui Apa Saja yang Bikin Hard Disk Penuh dengan Disk Reporter

Disk Space Reporter kemudian akan menampilkan di panel utamanya besaran data pada tiap-tiap folder, kemudian di panel bawah menampilkan nama-nama file yang diurutkan berdasarkan peringkat dari yang terbesar hingga yang terkecil.

Ketahui Apa Saja yang Bikin Hard Disk Penuh dengan Disk Reporter

Nah, dengan memanfaatkan program ini, kamu bisa memutuskan file besar mana yang mungkin ternyata tidak bermanfaat untuk kamu dan perlu dihapus untuk memberikan ruang kepada hard drive kamu.

Kamu bisa mendapatkan Disk Space Reporter dari halaman utamanya di:

http://www.malte-weiss.de/software/DiscSpaceReporter/index.php

Disk Space Reporter merupakan software sederhana dengan kegunaan yang sangat jelas, yaitu mendaftar file apa saja yang sudah memakan file hard disk kamu. Bila diperlukan, maka kamu tinggal menghapus file besar yang kamu anggap tidak terlalu signifikan manfaatnya untuk kamu. Dengan software inilah kamu bisa memutuskan file yang mana yang perlu kamu hapus!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini