Kenapa 94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

Superkomputer adalah komputer dengan kecepatan yang sangat tinggi, seperti TITAN, komputer tercepat di dunia yang sudah pernah PG bahas sebelumnya. Tahukah kamu bahwa saat ini 94% dari 500 superkomputer di dunia menggunakan Linux??

94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

Titan – Superkomputer Tercepat di Dunia Saat Ini

Dari hasil penelitian terbaru TOP500 bulan November 2012, 94% superkomputer di dunia menggunakan Linux sebagai sistem operasinya. Artinya, ada 469 dari 500 superkomputer yang menggunakan Linux. Hanya 3 superkomputer saja yang menggunakan Windows, yaitu superkomputer urutan 132, 165, dan 183.

94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

Data Penggunaan Linux di Superkomputer

94% Dari 500 Superkomputer di Dunia Menggunakan Linux

Data Penggunaan Windows di Superkomputer

Kenapa Linux?

Ini menjadi pertanyaan dari banyak orang. Kenapa hampir semua super komputer menggunakan Linux? Berikut ini adalah analisa PG tentang alasan digunakannya Linux sebagai sistem operasi superkomputer:

Modifikasi

Superkomputer bukanlah komputer biasa. Ada banyak aspek yang berbeda di superkomputer, yang tentu saja membutuhkan sistem operasi dengan karakteristik berbeda pula. Linux menawarkan fleksibilitas tinggi yang memungkinkan setiap penggunanya memodifikasi sesuai dengan keperluannya. Dengan fleksibilitasnya untuk dimodifikasi, admin superkomputer menjadi lebih mudah dalam menyesuaikan sistem operasi Linux dengan superkomputer tersebut agar didapat performa dan efisiensi yang optimal.

Skalabilitas

Kernel Linux memiliki skalabilitas yang tinggi dan generic. Dia bisa dikonfigurasi agar bisa berjalan di sistem kecil maupun sistem yang besar. Tidak heran ketika kamu menemukan Linux berjalan di smartphone (ya..Android menggunakan kernel Linux), microwave, Komputer, hingga superkomputer.

Open Source

Linux merupakan sistem operasi Open Source, dimana source code nya bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. Administrator superkomputer bebas untuk memodifikasi Linux hingga tingkat level apapun untuk mendapatkan performa dan efisiensi terbaik dari superkomputernya.

Biaya

Biaya bisa menjadi faktor penting dalam pembuatan komputer skala besar seperti superkomputer. Karena Linux bisa digunakan secara gratis, hal ini bisa menghemat biaya pengembangan superkomputer itu sendiri.

Security

Hampir semua superkomputer digunakan untuk hal-hal besar seperti penelitian, penerbangan, cuaca, aplikasi web, dll. Tentu saja security menjadi hal utama yang harus dipikirkan agar sistem berjalan dengan lancar tanpa banyak gangguan. Berbeda dengan Windows, Linux merupakan sistem operasi yang bisa dikatakan “kebal” terhadap virus. Tidak banyak virus yang diciptakan untuk menyerang Linux, dan sulit bagi virus untuk menembus sistem karena dibatasi oleh root access. Hal ini membuat superkomputer menjadi lebih aman dengan menggunakan Linux.

Sudah tidak heran khan kenapa hampir semua superkomputer menggunakan Linux?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini