Kembangkan Kemampuan Rancang Bangun Kamu dengan SketchUp

Apakah kamu menyukai aktivitas mendesain? Bahkan kamu berkhayal untuk merancang rumah yang nantinya akan kamu tempati? Kembangkan terus minat tersebut. Siapa tahu nanti kamu akan mendapatkan rumah idaman kamu tersebut.

Tutup mata… Sekarang bayangkan… Seperti apa rumah idaman kamu. Bagaimana posisi pintu depan, ruang tamu, kamar, apakah ada ruang keluarga di dalamnya… apakah nanti akan ada tanaman-tanaman penghias di halaman depan… Apa warna dindingnya… Ornamen apa yang ingin kamu tambahkan pada rumah tersebut… Lalu coba wujudkan desain rumah idaman kamu dengan software SketchUp ini!

SketchUp adalah software desain yang memungkinkan kamu untuk melakukan rancang bangun, bisa untuk rumah, bisa juga untuk bidang-bidang tiga dimensional seperti perabotan rumah tangga. Bila kamu sudah menguasainya, kamu bisa merancang bentuk-bentuk tiga dimensi dengan mudah memanfaatkan SketchUp.

Setelah menginstall SketchUp, kamu akan mendapatkan interface dan tutorial berikut ini.

Kembangkan Kemampuan Rancang Bangun Kamu dengan SketchUp

Memang perlu membiasakan diri dulu dengan software ini. Kamu akan diberikan template berupa sebuah ‘sumbu’ dimana kamu bisa merancang bentuk tiga dimensi (termasuk rumah atau gedung) dengan berpatokan pada ‘sumbu’ ini.

Kembangkan Kemampuan Rancang Bangun Kamu dengan SketchUp

SketchUp juga dilengkapi dengan aneka macam ornamen yang bisa membantu kamu merancang rumah sesuai dengan yang kamu harapkan. Bentuk-bentuk dinding, hiasan di halaman depan dan belakang, bakan kondisi jalan sekitar juga bisa diatur dengan memanfaatkan fitur-fitur dari SketchUp.

Kebanyakan fitur software ini terletak pada tab di bagian atas panel gambar. Kamu harus mencobanya satu per satu untuk membiasakan diri dalam menggunakan software ini.

Kembangkan Kemampuan Rancang Bangun Kamu dengan SketchUp

Hasil SketchUp mungkin bukan merupakan gambar dasar yang biasa digunakan para arsitek. Akan tetapi dengan memanfaatkan program ini, kamu bisa mendesain tampilan rumah kamu dengan efek 3D yang cukup realistis. Mulai bagian depan hingga bagian dalam bisa diperlihatkan dengan jelas oleh software ini.

Kembangkan Kemampuan Rancang Bangun Kamu dengan SketchUp

Dapatkan Sketchup dari halaman utamanya di:

http://www.sketchup.com/

Sketchup merupakan software untuk mendesain rumah ataupun peralatan dimensional lainnya dengan cara yang mudah. Hasilnya pun tidak kalah dengan software berbayar AutoCAD. Tapi memang perlu penyesuaian dan belajar lebih dulu untuk mendapatkan hasil yang bagus dari SketchUp ini.

Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba Roomeon atau Sweet Home 3D yang merupakan software desain bertipe serupa.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini