Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill!

Pencatatan keuangan memang sesuatu yang penting. Dengan pencatatan keuangan yang baik, kamu bisa mengelola keuangan kamu, serta pada akhirnya bisa meningkatkan pendapatan serta mengurangi pengeluaran kamu – pendeknya: Kamu bisa tambah kaya dengan mengaplikasikan akuntansi.

Nah, kalau akuntansi terlalu rumit buat kamu, maka mungkin aplikasi Unkle Bill cocok untuk kamu. Unkle Bill adalah aplikasi akuntansi untuk pemula yang disertai ikon orang tua (mirip Paman Sam) yang kelihatan imut untuk membimbingmu melakukan pencatatan yang baik dan benar atas semua pendapatan dan pengeluaran kamu. Kamu bisa mendapatkan unkle Bill di:

http://unklebill.jabprogramming.com/download.php

Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill

Sayangnya, aplikasi ini belum mendukung untuk mata uang rupiah. Tapi sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan mata uang lain, dengan tetap menganggap bahwa itu adalah satuan rupiah. Mungkin kalau kamu terbiasa bertransaksi dalam dollar, maka kamu beruntung (beberapa pebisnis internet melakukan transaksi dengan dolar dan pembayaran PayPal bukan?) bisa memanfaatkan aplikasi ini secara menyeluruh.

Setelah instalasi, aplikasi ini akan meminta kamu mensetting password dan User ID yang akan kamu gunakan untuk pencatatan nantinya.

Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill

 

Unkle Bill akan menampilkan lembar kerja akuntansi dasar, dimana kamu mendapatkan opsi untuk memilih mencatat pemasukan atau pengeluaran. Dalam setiap langkah, Unkle Bill akan memberikan tuntunan untuk kamu dalam melakukan pencatatan akuntansi untuk memudahkan.

Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill

 

Dengan mengklik “Add New Transaction”, kamu bisa menambahkan transaksi baru yang nantinya secara otomatis akan ditotal oleh software akuntansi ini.

Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill

 

Kamu bahkan bisa mencetak laporan keuangan bulanan kamu dalam bentuk PDF, yang selanjutnya bisa kamu print untuk analisis.

Jangan Biarkan Terjadi Besar Pasak daripada Tiang – Gunakan Unkle Bill

Aplikasi akuntansi sederhana ini cukup menarik untuk kamu yang ingin membuat pencatatan tentang pemasukan dan pengeluaran kamu sehari-hari. Sayangnya kelemahan besar aplikasi ini, yaitu belum adanya mata uang rupiah, mungkin terasa cukup mengganggu untuk kita. Semoga saja di masa mendatang Unkle Bill mempertimbangkan untuk memasukkan rupiah sebagai salah satu mata uangnya.

Selain Unkle Bill, PG juga sudah pernah membahas beberapa aplikasi manajemen keuangan lainnya seperti Rylstim Budget dan MoneyWise (Android). Semoga aplikasi tersebut mampu mencegah besar pasak daripada tiang yang seringkali terjadi di kondisi finansial kita.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • pitra

    cara instalnya seperti apa???