Jangan Biarkan Posisi Icon yang Sudah Kamu Atur Menjadi Berantakan!

Beberapa orang sering mengatur posisi icon desktop mereka menggunakan opsi Auto Arrange di Windows, sedangkan yang lein cenderung lebih suka tatanan desktop yang lebih bersifat personal dengan cara menempatkan icon pada posisi yang mereka sukai. Misalnya, beberapa pengguna lebih suka meletakkan tipe icon tertentu berkumpul di sisi kiri, sementara orang lain lebih suka meletakkannya di sisi kanan desktop. Bahkan tidak jarang juga ada pengguna komputer yang mengatur posisi icon menjadi bentuk-bentuk tertentu, seperti bentuk cinta berikut ini :

Mengatur Posisi Icon

Seringkali posisi icon ini rusak karena kemungkinan ada orang lain yang menggunakan komputer tersebut, atau secara tidak sengaja menggunakan program tertentu yang menjadikan Windows menata ulang posisi icon-icon tersebut. Menata ulang icon ini bakal mudah kalau Cuma ada beberapa icon saja yang berantakan. Tapi kalau sudah begitu banyaknya, tentu akan buang-buang waktu kalau kita sering-sering melakukan aktivitas menata icon seperti ini. Untungnya, sekarang ada aplikasi Desktop Saver!

DesktopSaver adalah aplikasi khusus Windows yang memungkinkan pengguna menyimpan lokasi icon tertentu di desktop pada profil-profil yang berbeda dan mengembalikan icon tersebut ke posisi semula jika berubah posisinya.

Kalau kamu merasa memerlukan aplikasi semacam ini, silahkan mendownload aplikasi tersebut di:

http://sourceforge.net/projects/desktopsaver/

 

Setelah proses instalasi, maka kamu akan mendapati DesktopSaver berjalan di system tray.

Jangan Biarkan Posisi Icon yang Sudah Kamu Atur Menjadi Berantakan!

Aplikasi ini bisa menyimpan posisi icon pada profil tertentu, juga menyimpan semua perubahan yang terjadi. Misalnya, kamu memindahkan 7 icon dari lokasi awal dan kemudian memindahkan satu lagi, maka tindakan tersebut akan tercatat pada histori program dan pengguna dapat mengembalikan posisi icon ke tempat sebelumnya.

Dengan meng-klik icon DesktopSaver, maka akan keluar menu meliputi: Initial History, Clear History, Create new named profile, Overwrite named profile, Delete named profile, Set profile to auto-load at startup, dan Options. Untuk menciptakan profil baru, pilih Crete new named profile dan masukkan nama untuk profil baru tersebut. Posisi icon desktop akan disimpan di new profile.

Ketika kamu menggerakkan icon dari desktop, maka histori akan disimpan pada bagian atas menu system tray. Histori tersebut meliputi semua tindakan yang dilakukan. Meng-klik item manapun pada daftar histori akan secara langsung menggerakkan icon yang sudah berubah posisi ke lokasi awalnya. Jika kamu ingin memindahkan icon dari posisi awal pada saat kamu sudah menyimpannya, kamu tinggal meng-klik nama profil dalam daftar. Kamu bisa menciptakan beberapa profil yang memungkinkan kamu menyimpan beberapa posisi icon di desktop kamu.

Jangan Biarkan Posisi Icon yang Sudah Kamu Atur Menjadi Berantakan!

Menu Option memungkinkan kamu melakukan setting untuk interval Poll, men-disable histori penyimpanan dan menjalankan program pada startup.

Aplikasi ini akan sangat berguna untuk kamu yang hobi bermain game, dan menata icon shortcut game di desktop berdasarkan genre masing-masing. saya dulu pernah melakukannya dan memang amat tidak nyaman bila posisi icon tersebut berubah.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini