InstallGuard: Mencegah Orang Lain Menginstall atau Uninstall Software di Komputermu

Pernahkah kamu menjumpai software tertentu terinstall di PC kamu dan bingung darimana asalnya? Bisa jadi memang itu dari orang lain dalam keluarga kamu yang secara sengaja atau tidak sengaja menginstallnya ketika tengah browsing di komputermu. Jika kamu merasa terganggu dengan hal semacam itu, maka kamu memerlukan InstallGuard.

InstallGuard adalah software untuk mengatur dan mencegah orang lain menginstall software di komputer. Aplikasi ini diproteksi dengan password sehingga tidak akan ada yang bisa menginstall atau meng-uninstall aplikasi tertentu dari komputer kamu selama aplikasi ini aktif.

Aplikasi ini bisa melacak dan mengeluarkan snapshot system sehingga kamu akan mendapatkan informasi tentang perubahan sistem kamu, apakah aplikasi tertentu berubah atau tidak. Aplikasi ini juga bisa mengawasi dan memblok berbagai proses tertentu, dan memungkinkan user tertentu (dalam profile PC) untuk menginstall atau meng-uninstall software kamu.

Bila tertarik, pertama-tama, kamu bisa mendownload Install Guard disini:

http://www.completelock.com/

Ketika masuk ke aplikasi ini pertama kalinya, kamu akan diarahkan untuk mengatur password yang nantinya bisa kamu ubah. Password default aplikasi ini adalah: password. Interfacenya memiliki lima tab di bagian atas, yaitu Dashboard, Installed Software, Installation/Process Monitor and Blacklist dan Change Tracking.

Mencegah Orang Lain Menginstall dan Menguninstall Software di Komputermu

Panel kiri memiliki berbagai fitur yang berbeda, yaitu Reset Password and Database Maintenance (under Settings), User Whitelist, dan Maintenance Schedule (ketika artikel ini ditulis, fitur tersebut belum bisa digunakan). Dashboard menampilkan beberapa fungsi tertentu seperti Status, Snapshots, Change Tracking, Process Detection dan Process Blocking. Di bagian bawah, akan ditampilkan grafis snapshot history, yang menunjukkan jumlah aplikasi dan perubahan yang terjadi pada aplikasi tersebut.

Kalau ada beberapa orang yang sering menggunakan PC kamu, maka kamu perlu memasukkan profil mereka ke dalam whitelist.

Mencegah Orang Lain Menginstall dan Menguninstall Software di Komputermu

Tab Installed Software menyajikan Snapshot History dan beberapa konfigurasi untuk menyimpan snapshot. Kamu bisa menjalankannya di startup dan menspesifikkan interval waktu dalam membuat snapshot tersebut. Jadi kamu bisa menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi pada aplikasi-aplikasi kamu di PC ini. History akan menampilkan waktu snapshot, username, jumlah aplikasi dan App List File.

Mencegah Orang Lain Menginstall dan Menguninstall Software di Komputermu

Aplikasi ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal bersama banyak orang, baik keluarga maupun teman, kemudian semuanya menggunakan PC bergantian. Kamu bisa mengawasi perubahan yang terjadi pada aplikasi-aplikasi yang ada di PC kamu dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Kamu juga bisa terhindar dari “kacau”-nya komputer setelah digunakan oleh orang lain.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini