ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Banyak Gambar Sekaligus

Bila kamu mengelola sebuah blog atau website, PG yakin kamu sering dihadapkan pada kebutuhan untuk mengolah banyak gambar sekaligus untuk dimuat pada blog tersebut. Biasanya kamu perlu mengkompromikan antara kejelasan gambar yang ingin kamu tampilkan dengan ukuran agar gambar tersebut tidak terlalu berat ketika dimuat. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa melakukan berbagai editing dan pemrosesan terhadap gambar, termasuk diantaranya resize dan mengubah format gambar menjadi JPG yang lebih ringan untuk ditampilkan.

Untuk keperluan ini, kamu bisa menggunakan software batch processing. Salah satu yang menonjol karena kemudahan fiturnya adalah ImBatch! Sesuai namanya, Imbatch merupakan software image editor batch processing, dalam artian software ini bisa mengaplikasikan rangkaian editing yang serupa terhadap sekelompok gambar. Berarti dengan sekali klik, kamu langsung bisa mengubah format, mengedit kecahayaan dan warna, memberi watermark, atau mengubah tipe file untuk disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Interface dari ImBatch cukup sederhana seperti pada gambar berikut. Imbatch memiliki dua panel serta taskbar yang cukup mudah dipahami.

ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Gambar dengan Batch Processing

 

Masukkan gambar yang kamu inginkan dengan mengklik tombol “Add Folder” dengan lambang folder serta tanda plus tersebut. Kamu akan mendapatkan kolom dimana kamu bisa memilih gambar yang ingin kamu olah nantinya.

ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Gambar dengan Batch Processing

 

Setelah memasukkan gambar, kamu bisa memasukkan rangkaian tugas pada tombol “Add Task”. Dalam setiap elemen tugas terdapat pengaturan yang lebih spesifik.

ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Gambar dengan Batch Processing

 

Kamu bisa menambahkan rangkaian tugas bagi Imbatch sebanyak apapun untuk mengolah foto-foto atau gambar yang kamu miliki.

ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Gambar dengan Batch Processing

 

Berikutnya kamu tinggal menekan tombol “Run Batch Processing” atau dengan menekan Ctrl + B untuk mengeksekusi rangkaian tugas ditujukan pada gambar yang kamu masukkan ke dalam ImBatch.

ImBatch: Software Praktis untuk Mengolah Gambar dengan Batch Processing

 

Kamu bisa mendapatkan Imbatch di:

http://www.highmotionsoftware.com/products/imbatch

 

Imbatch adalah software yang pas untuk kamu yang ingin melakukan aneka macam prosedur editing terhadap banyak gambar sekaligus. Dengan menyusun task pada Imbatch, kamu bisa melakukan editing cukup dengan satu langkah saja!

Sebagai alternatif, kamu bisa juga memanfaatkan Pixillion atau BatchBlitz yang juga bisa melakukan editing terhadap banyak gambar atau foto seketika!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini