Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

File duplicate atau file kembar seringkali menjadikan hard disk kita penuh. Pernah PG membahas dalam artikel Apa Aja sih yang Bikin Hard Disk Kita Penuh? bahwa salah satu tips untuk ‘melonggarkan kapasitas hard disk kita adalah dengan cara menghapus file kembar a.k.a Duplicate File. Nah, PG menambahkan satu lagi aplikasi yang bisa menghapus file kembar di hard drive kamu sebagai alternatif, yaitu Double Killer.

Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

Aplikasi ini akan mencari file kembar dengan cara membandingkan kombinasi nama, ukuran, tanggal modifikasi, dan isi. Kamu bisa mengeluarkan file atau membatasi pencarian dengan atribut tertentu, seperti misalnya *.MP3, sehingga aplikasi ini tidak akan mencari aplikasi dengan tipe demikian. Ketika prosedur scan selesai, maka semua file kembar yang ditemukan akan disajikan di layar dan kamu secara manual atau otomatis bisa menghapus file tersebut. Daftar hasil bisa diatur atau ditempatkan ke dalam sebuah file teks yang bisa dibaca bila kamu ingin melakukan penghapusan nanti.

Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

Interface Double Killer terlihat agak rumit, tapi semua fitur yang ada memang ditujukan untuk mencari file kembar dengan menetapkan berbagai kriteria pencarian.

Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

Dengan mengklik tab option, kamu bisa memfilter pencarian dengan cara menentukan kriteria file yang akan dicari. Bila sudah menentukan di folder atau bagian hard drive mana akan mencari file kembar, kamu tinggal menjalankan aplikasi ini atau menekan tombol “Run”

Hapus File Kembar di Hard Disk dengan Doublekiller!

Hasil akan disajikan di panel utama. Disini kamu bisa langsung mengeksekusi dengan menghapus file yang sama, atau melakukan review lebih lanjut dan menghapusnya nanti. Doublekiller juga memungkinkan kamu untuk mencetak daftar file yang dianggap sama untuk mengambil tindakan lebih lanjut nantinya.

Kamu bisa mendownload DoubleKiller di:

http://www.bigbangenterprises.de/downloads/doublekiller.zip

Halaman utama DoubleKiller:

http://www.bigbangenterprises.de/en/doublekiller/

DoubleKiller merupakan aplikasi tipe standalone atau portabel yang tidak perlu untuk diinstall. Kamu cukup mengekstrak dan menjalankannya secara langsung. Cukup praktis bukan?

Oya, sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Anti-Twin Duplicate File Finder yang pernah dibahas oleh PG juga.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini