HandyOrganizer: Software To Do List Portabel untuk Kamu yang Aktif

Untuk kamu yang bekerja dengan jadwal ekstra ketat, diperlukan kreativitas untuk menjadikan kamu ingat dan tanggap atas seluruh jadwal tersebut. Menurut para ahli memori dan neurosains seperti Buzans, mencatat jadwal merupakan salah satu hal yang akan sangat membantu. Mencatat disini bukan saja mencegah kamu dari lupa, tapi akan menjadikan otak secara kreatif memetakan jalur neuron ke arah konklusi penyelesaian tugas. Jadi begini, tiap kali kamu mencatat sebuah jadwal tugas, maka secara otomatis neuron-neuron pada otak bekerja ‘membayangkan’ bagaimana tugas tersebut diselesaikan. Sebaliknya, kalau kamu sekedar ‘mengingat’ bahwa kamu ada tugas, maka otak hanya berupaya bekerja mengingat tugas tersebut tanpa menyusun jalur penyelesaian. Jadi ini akan menjadikan otak kamu berpikir lebih keras dan ada kemungkinan kamu melupakan tugas tersebut. Untuk itulah kamu perlu dibantu software pencatat atau to do list. Nah, untuk kamu yang sering bekerja di depan PC atau laptop, maka HandyOrganizer merupakan salah satu software pencatat yang pas untuk kamu!

HandyOrganizer: Software To Do List Portabel untuk Kamu yang Aktif

HandyOrganizer adalah tool manajemen tugas-tugas untuk Windows yang tidak hanya berisi pengaturan tugas, akan tetapi juga mencatat modul dan reminder. Software ini juga memungkinkan kamu untuk menambahkan tugas, menulis deskripsi, serta men-set deadline sesungguhnya serta deadline dari kamu sendiri (misalnya untuk tugas kuliah yang dikumpul jam 10 pagi besok, tapi kamu men-set agar tugas tersebut selesai jam 10 malam hari ini). HandyOrganizer juga menyediakan opsi untuk memodifikasi sub-level dari tugas tersebut. Ini bisa kamu gunakan untuk mencatat detil langkah-langkah guna menyelesaikan tugas sebagaimana disarankan sistem Getting Things Done (GTD). Prioritas untuk tugas tertentu bisa diubah dengan mengganti Very High, High, Normal, Low dan Very Low, tergantung pada tingkat kepentingan dan urgensi dari tugas tersebut. Display dari HandyOrganizer juga bisa diatur agar melekat di sisi desktop kamu sehingga tidak akan mengganggu ketika kamu sedang bekerja.  Kamu bisa mengubah interface utamanya sesuka kamu dan memilih software yang sesuai dengan sistem operasi kamu.

HandyOrganizer akan kamu peroleh dalam bentuk zip dengan interface utama berikut:

HandyOrganizer: Software To Do List Portabel untuk Kamu yang Aktif

 

Klik pada “add task (top level)” untuk memulai. Tuliskan tugas kamu pada Task Title. Bila kamu menginginkan tambahan sub-tugas, klik pada “add sub task”, lalu klik Save. Bila sudah selesai, kamu bisa menandai “Mark as Complete”.

HandyOrganizer: Software To Do List Portabel untuk Kamu yang Aktif

 

Klik pada Parameters untuk menetapkan waktu penulisan tugas. Lalu tetapkan tanggal mulai, tanggal selesai, serta juga deadline yang kamu inginkan. HandyOrganizer akan memberikan kamu peringatan ketika tugas masuk ke deadline.

HandyOrganizer: Software To Do List Portabel untuk Kamu yang Aktif

Kamu bisa mendapatkan HandyOrganizer dari:

http://sourceforge.net/p/handyorganizer/home/Home/

HandyOrganizer merupakan software desktop yang cocok untuk kamu gunakan bila kamu adalah orang yang banyak bekerja di depan layar komputer. Selain praktis, karena berbentuk portabel, kamu bahkan bisa membawanya dengan flashdisk kemana-mana.

Sebagai alternatif, kamu bisa juga mencoba To Do desklist, Rainlendar, atau Calendar G.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini