Gunakan REMSES untuk Melindungi Komputer dan Perangkat USB dari Virus

Sudah sama-sama diketahui bahwa virus komputer dewasa ini menjadi sebuah momok tersendiri dan tentunya sudah sangat ramah ditelinga para pengguna komputer dan pengguna internet.

Virus komputer pada dasarnya adalah merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara secara otomatis. Sebuah pembahasan menyeluruh mengenai virus bisa kamu simak pada tulisan PG sebelumnya tentang #GeekHistory: Sejarah Terciptanya Virus Komputer Dan 9 Alasan Pembuat Virus Mengembangkan Berbagai Virus Mematikan.

Gunakan REMSES untuk Melindungi Komputer dan Perangkat USB dari Virus

Untuk ulasan kali ini, PG akan membahas mengenai sebuah tool yang bernama REMSES yang dapat berfungsi untuk mencegah komputer dan perangkat USB milikmu dari penyebaran dan infeksi virus yang secara spesifik menyerang perangkat removable disk atau USB.

Bagi kamu yang ingin mencicipi REMSES silahkan kamu unduh melalui tautan dibawah ini. Untuk saat ini REMSES bisa kamu gunakan pada sistem operasi Windows XP, Vista dan Windows 7.

Download: http://remses.narod.ru/downloads.html

Gunakan REMSES untuk Melindungi Komputer dan Perangkat USB dari Virus

Setelah kamu selesai mengunduh tool yang berukuran sekitar 1.05MB ini, silahkan kamu install dan jalankan. Pada jendela utama bisa kamu lihat sebuah pilihan pertama yaitu “Passive protection” silahkan kamu klik untuk mengaktifkan fitur tersebut yang nantinya berguna untuk selalu memonitor apabila ada kegiatan yang mencurigakan pada perangkat yang terhubung dengan komputer milikmu.

Gunakan REMSES untuk Melindungi Komputer dan Perangkat USB dari Virus

Secara sederhana, tool ini akan bekerja secara otomatis si system tray dan akan selalu memindai (scan) setiap media yang terhubung ke komputer milikmu, baik itu melalui perangkat USB maupun CD dan DVD, dan ketika ada ancaman, secara otomatis sebuah dialog box akan muncul untuk memberikan pilihan menghapus file yang terinfeksi, mengkarantina atau mengabaikan file tersebut apabila kamu yakin bahwa file tersebut aman.

Selain itu kamu juga berkesempatan mengakses proses yang aktif dan terinstall pada komputer milikmu melalui fitur atau menu “System tools” dan fitur “Quarantine” untuk melihat penampungan virus yang sudah terdeteksi, serta fitur “Safely Remove” yang berguna untuk melepas perangkat atau media yang terhubung ke komputer secara aman.

Gunakan REMSES untuk Melindungi Komputer dan Perangkat USB dari Virus

Program ini meskipun berukuran kecil namun memiliki fungsi yang cukup bermanfaat untuk semakin meningkatkan keamanan dan menjauhkan komputer milikmu dari penyebaran virus melalui perangkat USB dan perangkat media lainnya. Semoga bermanfaat.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • anas

    gan,apa fungsi nya gak sama dengan anti virus umum nya..yaA???