Google Chrome 23 Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

Google Chrome 23 baru saja dirilis beberapa waktu yang lalu. Dari sekian banyak perbaikan dan penambahan fitur baru, Do Not Track, GPU Acceleration, dan Website Permission Control menjadi 3 fitur yang paling banyak menarik perhatian.

Google Chrome 23 Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

 

Do Not Track

Fitur Do Not Track pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft di Internet Explorer 9, diikuti oleh Firefox, Safari dan Opera. Dengan mengaktifkan fitur ini, browser akan mengirimkan sinyal ke website yang kamu kunjungi agar tidak melakukan tracking apapun. Namun respond ini juga tergantung dari website yang bersangkutan. Beberapa website, termasuk Yahoo, tidak mempedulikan apakah fitur Do Not Track dinyalakan atau tidak. Sementara website lain mungkin akan melakukannya.

Fitur Do Not Track tersebut akhirnya dihadirkan juga di Google Chrome 23. Fitur ini bisa kamu aktifkan melalui advanced settings di Google Chrome. (Edit -> Preferences -> Settings -> Show Advanced Settings)

Google Chrome 23 Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

 

GPU Acceleration

Khusus bagi kamu pengguna Windows, disediakan juga fitur GPU Acceleration. Dengan fitur ini pengguna Windows bisa menghemat baterai (laptop/notebook) karena proses decode video akan menggunakan graphic chip dan bukan CPU.

Google telah melakukan testing di laptop Lenovo T400 yang menggunakan Windows 7. Dengan Chrome 23, baterai laptop tersebut lebih hemat 25% ketika digunakan untuk melihat video 1080p h.284 pada 30fps. Jauh lebih hemat daripada saat menggunakan Chrome versi sebelumnya.

 

Website Permission Control

Dengan Chrome 23, kamu bisa mengatur website permission dengan sangat cepat. Jika sebelumnya kamu harus membuka settings terlebih dahulu, kini ketika kamu mengunjungi situs tertentu, kamu tinggal klik saja icon di sebelah kiri address bar. Serangkaian permission settings akan muncul, dan kamu bisa memilih mana yang kamu allow dan mana yang kamu block.

Google Chrome 23 Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

 

Bagi kamu yang belum mengupdate Chrome kamu ke versi 23, langsung saja update melalui Settings -> About Google Chrome.

Google Chrome 23 Dirilis, Apa Saja Fitur Barunya?

 

Kamu juga bisa mendownloadnya secara langsung di:

http://www.google.com/chrome


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini