GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Sebelum ini PG pernah membahas tentang 4 aplikasi manajemen keuangan terbaik versi desktop. Ternyata ada lagi satu software manajemen keuangan yang disebut-sebut oleh banyak blog tentang software dan IT sebagai software terbaik dan terlengkap untuk mengatur keuangan. Software tersebut adalah GNUCash!

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Disebut-sebut sebagai software manajemen keuangan yang lengkap namun sederhana, GNUCash menyediakan layanan pengelola pengaturan keuangan baik untuk pribadi maupun untuk perusahaan. Hebatnya, software ini ditawarkan dengan gratis! Apa lagi yang lebih baik dari ini?…

GNUCash menawarkan pengaturan keuangan dengan basis mata uang yang nyaris lengkap. Kamu bisa memilih rupiah (Indonesian rupiah) dalam pencatatan akun kamu di software ini. Selain itu, seperti umumnya software pencatat keuangan, GNUCash menawarkan fitur pencatatan yang lengkap, pengelolaan anggaran (budget), bahkan bisa menghitung aset dan liabilitas kamu, baik yang berupa harta bergerak di rumah maupun simpanan di bank. Fitur pencatatannya sangat lengkap sehingga memungkinkan orang dari berbagai bidang profesional bisa memanfaatkan software ini.

Pertama kali membuka software ini setelah prosedur instalasi, maka kamu akan ditawari untuk membuat akun baru atau menggunakan laporan keuanganmu yang lama dalam bentuk file QIF. Oya software ini bisa digunakan untuk meminta tutorial berbentuk ebook tentang software GNUCash ini..

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Seperti yang sudah disinggung PG, GNUCash memiliki rentang pilihan mata uang yang sangat luas, kamu bisa memilih rupiah (IDR = Indonesian Rupiah) untuk mata uang dasar kamu.

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Sekarang di bagian yang menentukan. Kamu bisa memilih untuk menggunakan jenis akun biasa, akun bisnis, dan banyak lagi. Pilihan tersebut mempengaruhi bentuk anggaran dan berbagai fitur yang disertakan. Bila kamu menggunakan akun bisnis, tentu saja invoice serta rekening bank juga disertakan untuk kamu kelola.

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Saat memulai, kamu akan diminta untuk membuat nama akun. Untuk memudahkan, kamu bisa menyusun akun per bulan, per tahun, atau laporan atas nama kamu seumur hidup. Tapi menurut pengalaman mereka yang ahli dalam pencatatan keuangan, lebih baik kamu memilah-milah catatan akuntansi kamu dalam bentuk per tahun. Sehingga kamu bisa memantau keadaan keuangan kamu dari bulan ke bulan, kemudian di akhir tahun melakukan review. Kira-kira mirip dengan cara kerja perusahaan-perusahaan lah…

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Pencatatan anggaran serta transaksi bisa kamu lakukan dengan mengklik dua kali item yang ingin kamu masukkan. Misalnya laporan aset saat ini atau mungkin juga transaksi keuangan yang sedang dilakukan.

GNUCash: Software Terlengkap untuk Mengatur Keuangan

Kamu bisa mendapatkan GNUCash dari halaman utamanya di:

http://www.gnucash.org/

GNUCash adalah software akuntansi dan pencatat keuangan yang super lengkap dengan aneka fitur yang memungkinkan kamu melakukan pengaturan keuangan secara sederhana namun optimal. Mungkin kelemahannya adalah ketika kamu mendownload software ini yang besarnya mencapai 110 MB. Wow! Cukup besar dibanding software gratis pengelola keuangan yang sebelum ini pernah dibagikan PG seperti misalnya Cash Organizer, Rylstim Budget, Unkle Bill, atau Money Manager Ex.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini