Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Banyak sekali software yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot. Salah satunya yang pernah diulas di PG adalah Picpick yang menekankan sisi ringan dan kepraktisannya. Apakah kamu ingin fitur yang lebih kaya dan lengkap dari sebuah aplikasi screenshot? Cobalah Free Screenshot Capture!…

Disamping melakukan screen capture, alat ini memiliki berbagai opsi unik termasuk Webcam Capture, Protractor, Color Picker, Ruler, Magnifier, Brightness adjuster dan Whiteboard. Juga terdapat opsi Delay yang mana memungkinkan aplikasi ini secara otomatis melakukan capture secara otomatis setelah jangka waktu tertentu. Aplikasi ini juga mendukung hotkey secara global, memungkinkan kamu secara mudah dan langsung mengambil screenshot secara cepat.

 

Penasaran untuk mencoba fitur-fiturnya? Coba kunjungi:

http://www.iwesoft.com/product/29/screenshot-capture

 

Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Pada saat membuka aplikasi ini untuk pertama kali, aplikasi ini menyajikan layar yang menjabarkan seluruh fungsinya. Kamu bisa meng-klik Skip this Wizard untuk menutup layar ini; alat ini juga dapat diakses dari system tray.

 

Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Untuk melakukan capture terhadap area di layar kamu, pilihlah Screen Capture dari layar awal, lalu gunakan penunjuk mouse untuk melakukan drag pada area yang ingin kamu ambil gambarnya. Aplikasi ini juga menunjukkan kotak dengan kaca pembesar di sebelah pointer, menjadikan kamu mudah untuk mendapatkan lokasi pasti yang ingin kamu ambil gambarnya.

 

Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Ketika kamu sudah meng-capture area tersebut, sebuah toolbar pop up akan memungkinkan kamu menambahkan beberapa perubahan terhadap layar kamu sebelum menyimpannya, seperti misalnya blur tool, highlighter, bentuk kotak dan lingkaran, teks, dan sebagainya. Kamu bisa meng-klik tombol silang untuk membatalkannya atau klik tombol centang untuk menyimpan layar yang kamu ambil gambarnya ke lokasi yang spesifik.

Bila kamu ingin meng-capture sesuatu dari sesi webcam, kamu juga bisa melakukannya. Pilih Webcam capture dan sebuah window terpisah akan muncul. Kamu bisa melakukan Start, Pause dan Stop preview yang ditampilkan, klik pada Capture now untuk mengambil screenshot atau pilih Show Camera Properties untuk mengubah kamera sebelum kamu meng-capture screenshot tersebut, misalnya Brightness, Contrast, Hue, Sharpness, Gamma dan sebagainya.

 

Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Aplikasi ini juga memiliki fasilitas Color Picker. Fungsinya adalah kamu bisa mengambil warna tertentu dari website yang mungkin menurut kamu keren, lalu bisa kamu manfaatkan mungkin untuk meng-edit gambar kamu atau menggunakannya dalam desain yang tengah kamu buat.

 

Free Screenshot Capture: Aplikasi Screenshot Gratis yang Kaya Fitur

Dari menu system tray, kamu bisa melaksanakan fungsi tertentu, termasuk mengambil gambar dalam jangka waktu tertentu. Beberapa opsi tambahan lain adalah Ellipse Screen Capture, Screen Capture with Delay dan Change Shortcuts, yang terakhir memungkinkan kamu mengubah hotkey untuk melakukan fungsi tersebut.

Aplikasi ini cukup ringan, tapi memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat. Kamu perlu membiasakan diri terlebih dahulu dengan ‘cara’ aplikasi ini mengambil gambar. Bila kamu telah terbiasa, maka kamu akan dengan mudah memanfaatkan seluruh fiturnya dengan lincah!

Jangan lupa klik like, tweet, atau plus one untuk artikel ini. Bagikan artikel tentang aplikasi yang bermanfaat ini kepada teman-teman lain yang pasti memerlukannya untuk keperluan screenshot layar monitor mereka.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini