Folder Lock: Melindungi dengan Password atau Menyembunyikan File dan Folder Hanya Dengan Cara Drag & Drop

Komputer terkadang seperti kotak harta bagi kita. Banyak hal yang kita sembunyikan di dalamnya, dan kita tidak ingin orang lain dapat mengaksesnya. Mungkin foto mantan pacar yang dicemburui habis-habisan oleh kekasih anda sekarang? Atau mungkin anda adalah rocker garang bertato sekujur badan yang ingin menyembunyikan… ehm… folder lagu-lagu India?

Jangan kuatir, saya tidak akan membahas lagu India tersebut… uhuk… Yang ingin saya bahas disini adalah sebuah software gratis bermanfaat yang bisa dimanfaatkan untuk menyembunyikan (hidden) sekaligus mengunci (dengan password) folder yang kita tidak ingin orang lain dapat mengaksesnya.

Folder Lock: Melindungi dengan Password atau menyembunyikan File dan Folder hanya dengan cara Drag & Drop

Bahkan meskipun orang tersebut membuka seluruh hidden folder melalui windows explorer->tools->folder options, folder yang sudah anda kunci menggunakan software ini tetap tidak akan nampak. Juga meskipun ia mencari folder tersebut menggunakan fasilitas Windows Search dengan mencentang opsi ‘search hidden folders and files’, juga tidak akan mungkin ketemu hingga kiamat nanti.

Program kecil nan bermanfaat ini adalah Folder Lock. Ini adalah aplikasi yang sangat sesuai untuk Windows, memungkinkan anda dengan cepat dan nyaman menambahkan perlindungan password terhadap data rahasia anda tadi hanya dengan proses drag and drop. Program ini bisa menyembunyikan folder sedemikian rupa sehingga tidak mungkin untuk menghilangkan atribut hidden-nya tanpa mengetahui password yang anda gunakan.

Saya yakin sekarang anda sudah sangat penasaran ingin cepat-cepat mengunduh dan menginstall program ini untuk menyembunyikan lagu India… ehm… maksud saya file rahasia anda. Oke. Saya akan segera mengungkap langkah-langkahnya:

1. Anda dapat mengunduh folder lock di:

http://download.cnet.com/Folder-Lock-Free/3000-2144_4-75714329.html

2. Install Folder lock di PC atau laptop anda

3. Pada saat pertama kali dibuka, program ini akan meminta anda untuk memasukkan password yang ingin anda gunakan untuk melindungi aplikasi ini dari akses tak berwenang.

Folder Lock: Melindungi dengan Password atau menyembunyikan File dan Folder hanya dengan cara Drag & Drop

4. Setelah itu, anda dapat mulai menggunakan aplikasi ini dengan melakukan drag pada folder-folder yang ingin anda lindungi ke dalam interface aplikasi ini.

5. Interface utama memiliki opsi ‘Select All’ dan ‘Deselect All’ di bagian atas. Juga terdapat opsi Add Items, Lock Selected, Unlock Selected, Remove Selected dan Remove All Items yang dapat diakses dari bagian bawah window. Ini akan menunjukkan pada anda semua file yang terkunci, bersama nama dan path asalnya.

6. Untuk membuka file yang terkunci? Gampang. Begitu anda buka, maka akan tampak file yang terkunci, anda tinggal pilih file atau folder mana yang ingin dibuka kuncinya, dan anda hanya perlu meng-klik ‘Unlock Selected’.

7. Tombol setting memungkinkan anda mengkhususkan setting default dari aplikasi, termasuk bila anda ingin secara otomatis melakukan unlock untuk semua item pada saat login dan secara otomatis mengunci semua item ketika anda logout. Anda juga bisa mengubah password dengan meng-klik opsi ‘Change Password’

Folder Lock: Melindungi dengan Password atau menyembunyikan File dan Folder hanya dengan cara Drag & Drop

8. Folder Lock dapat digunakan pada versi Windows 32-bit dan 64-bit pada Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan Windows 8.

Bagaimana? Program yang menarik bukan. Saran tambahan dari saya, setelah mengunci program anda dengan folder lock, hapuslah shortcut folder lock di desktop anda. Jadi tidak ada orang yang tahu bahwa anda memiliki program ini. Anda bisa masuk ke dalam program melalui run atau mencari file extension .exe-nya di bagian Program Files Windows anda.

Semoga program ini bermanfaat (tapi saya yakin bermanfaat kok) bagi anda!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Lufi Bahrudin

    cara download nya gmana ?

  • otk

    linknya broken PG

    • thanks buat reportnya, link udah PG update dengan link yang baru ;)

  • Rio

    klo lupa master password nya gimana PG…???

    pas maw unistal jga minta password niiii