File Audio/Video Tidak Bisa Dimainkan? Perbaiki dengan CodecInstaller

Windows 7, secara default memiliki codec untuk file audio/video yang diperlukan untuk memainkan sebagian besar file multimedia. Bahkan jika ada codec yang hilang, maka anda dapat menggunakan berbagai media player dari pihak ketiga seperti: Media Player Classic, KMPlayer, VLC Player dan GOMPlayer, atau mendownload codec yang sesuai untuk file tersebut.

Namun, karena begitu banyaknya format media, bisa jadi anda tidak memiliki codec tertentu bagi PC anda. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda dapat mencoba CodecInstaller. Aplikasi ini kaya fitur yang dapat membantu anda dengan tiga langkah sederhana: men-scan codec yang ada di PC anda, menganalisis file media anda untuk mencari codec yang diperlukan, dan/atau mendownload codec baru dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memiliki user interface yang minimalis.

Bila anda tertarik, anda bisa mendownload CodecInstaller terlebih dahulu di:

http://www.jockersoft.com/english/codecinstaller.php

Sebagai catatan, aplikasi ini akan mencoba mendownload dan menginstall Crawler Toolbar ke PC anda pada proses setup. Anda harus menghilangkan tanda centang secara manual untuk menghindari download.

File Audio/Video Tidak Bisa Dimainkan? Perbaiki dengan CodecInstaller

Ketika meluncurkan aplikasi ini, anda akan mendapatkan fitur berikut: Installed Codecs, Analyze File dan Install Codecs. Untuk memeriksa codec yang ada, klik pada tombol Installed Codecs.

File Audio/Video Tidak Bisa Dimainkan? Perbaiki dengan CodecInstaller

Fitur Installed Codecs akan melakukan scan dan mendaftar codec yang tersedia pada kategori Video, Audio, Other dan General. Daftar ini akan mengungkapkan informasi Filter name, Company, Version dan Driver dari file codec kepada anda, dan anda dapat meng-klik tombol Update untuk melakukan scan ulang pada codec tersebut.

File Audio/Video Tidak Bisa Dimainkan? Perbaiki dengan CodecInstaller

Jika anda baru saja mendownload sebuah file audio/video yang tidak teridentifikasi dan ingin tahu codec apa yang dapat mendukungnya, anda dapat menggunakan opsi Analyze File. Ini dapat digunakan secara langsung, dimana anda tinggal menunjuk file dan klik pada Render di bagian kiri bawah. Aplikasi ini akan menunjukkan pada anda informasi lengkap General, Video atau Audio dari file tersebut, misalnya nama file, ukuran, bitrate, codec, framerate, audio channel, frequency, dan sebagainya.

File Audio/Video Tidak Bisa Dimainkan? Perbaiki dengan CodecInstaller

Bila anda ingin mendownload codec baru, klik Install Codecs pada interface untuk membimbing anda pada codec yang diperlukan, seperti DivX, XviD, FFDShow, Matroska, Inter Indeo 5, AC3 filter, Ogg Vorbis, MPEG Layer-3, Windows Media, OptimFROG, 3ivx Filter Suite, Musepack and AAC Advanced Audio Codec. Jika anda codec pada daftar yang sudah terinstall di PC, maka anda akna melihat kotak installed di bagian bawah window, apabila codec anda sudah ketinggalan, maka aplikasi ini akan memberi tahu anda dengan menandai Update. Anda tinggal klik download untuk mengambil codec yang anda perlukan dari web.

Secara keseluruhan, CodecInstaller merupakan aplikasi ringan yang akan menghemat waktu anda mencari secara manual codec yang kurang dari PC anda di Google. Bahkan, ini dapat men-scan codec yang ada di PC anda dan memungkinkan anda dengan cepat menganalisis file untuk menemukan codec yang hilang.

Jika anda adalah penggemar video atau musik, yang sering memutar media audio maupun video lewat PC atau laptop anda, maka aplikasi ini sangat bernilai bagi anda. Jangan lupa klik pada like, tweet, atau plus one pada artikel ini. Bagikan juga kepada teman-teman penggemar musik dan video yang pasti akan memerlukan aplikasi kecil nan bermanfaat ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini