File Arranger: Mengatur Isi Hard Drive Kamu agar Lebih Baik!

Apakah kamu memiliki hobi mendownload file audio dan video? Atau lebih spesifiknya lagi, lagu-lagu dan film? PG yakin secara tidak sengaja file kamu bertebaran di mana-mana. Kalau sudah begini, bagaimana mengaturnya?

PG sarankan, kamu menyiapkan satu tempat di partisi hard drive kamu, khusus untuk meletakkan semua file multimedia kamu. Tapi, bagaimana bisa mengumpulkan seluruh file tersebut bila sudah terlanjur bertebaran? Gampang, kamu bisa memanfaatkan aplikasi File Arranger.

File Arranger: Mengatur Isi Hard Drive Kamu agar Lebih Baik!

Aplikasi ini akan membantu kamu menemukan file yang kamu butuhkan, baik itu musik, dokumen, video, dan sebagainya. Khusus untuk mengatur file multimedia, aplikasi ini memungkinkan kamu menemukan semua file multimedia kamu lalu menggabungkannya ke dalam satu folder yang kamu tetapkan sendiri, sehingga nantinya kamu bisa mengatur seluruh file multimedia kamu dengan mudah.

Cara kerjanya, File Arranger akan mengkopi atau memindahkan file-file yang kamu tetapkan tipenya ke dalam folder yang sudah kamu tetapkan, sehingga dari folder ini nantinya kamu bisa menentukan lebih lanjut bagaimana kamu akan mengatur berbagai file tersebut.

Pertama-tama, kamu perlu memilih direktori untuk input dan output. Dengan menggunakan tombol navigasi, kamu bisa mengatur hal ini. Lalu dari Types To Arrange, tandai isi folder yang ingin kamu buat, misalnya dari kategori Documents, Music, Compressed, Video dan Pictures. Kamu juga bisa menambahkan pengecualian file yang tidak ingin kamu pindahkan, dengan memasukkannya pada Ignore These Paths. Kenapa fitur ini diperlukan? Fitur ini diperlukan karena ada beberapa file multimedia yang masuk ke Program Files, yang sudah semestinya tidak usah kamu pindahkan.

File Arranger: Mengatur Isi Hard Drive Kamu agar Lebih Baik!

Bila sudah siap, tinggal tekan Start Arrange untuk memulai pengaturan file. Nantinya semua file kamu akan dikumpulkan dalam direktori yang sudah kamu buat tadi.

File Arranger: Mengatur Isi Hard Drive Kamu agar Lebih Baik!

Bila tertarik, kamu bisa mendownload files arranger di:

http://sourceforge.net/projects/filesarranger/

Aplikasi ini akan sangat membantu bila kamu ingin mengumpulkan tipe file tertentu, sehingga nantinya mudah bagi kamu untuk mengorganisasinya. Manfaatkan file arranger bila pengaturan file di PC atau laptop kamu sudah begitu kacau sehingga kamu mendapati file multimedia kamu tersebar di berbagai partisi sehingga membingungkan kamu sendiri untuk mencari dan memutarnya. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengumpulkan dokumen dan gambar yang bertebaran di seluruh hard drive kamu menjadi satu sebelum melakukan pengaturan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Raisya

    Saya mau tanya, Kenapa ya waktu dijalankan programnya malah muncul pesan “Unhandled exception has occured in your application, bla bla . Access to the path ‘C:Document and Setting’ is Denied”. Bagaimana cara mengatasinya. Mohon bantuannya, Terimaksih sebelumnya