FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

Apakah kamu sudah menggunakan komputer ketika PC masih menggunakan sistem DOS? Kalau kamu sudah ada pada era itu, mungkin kamu masih terkenang bahwa untuk mengkopi sebuah file, kita harus menuliskan sebuah perintah copy *.* D:> misalnya. Tapi sistem pengkopian yang dilakukan sangat lancar dan kita bisa mengawasinya file per file dari direktori yang kita copy.

Aplikasi yang akan dibahas PG ini juga menggunakan nalar serupa. Dengan tujuan untuk mempercepat dan mempermudah pengkopian file secara massal, FastCopy menggunakan sistem yang tidak jauh berbeda dengan nalar DOS zaman dulu. Tapi jangan salah, kamu akan terkagum-kagum menyaksikan apa yang dilakukan aplikasi ini.

FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

FastCopy secara umum adalah program yang memberikan kita kontrol penuh terhadap transfer file. Aplikasi ini berdasarkan operasi pemindahan file satu demi satu dengan kode biner. Dengan deskripsi dan opsi sederhana, kamu bisa memilih file yang ingin dikopikan ke tujuannya. Ketika sudah menggunakan aplikasi ini, banyak sekali pilihan yang bisa digunakan. Kecepatannya bisa diatur sesukamu, dan kamu bahkan bisa tidak menyertakan file yang kamu inginkan ketika mengkopi satu folder utuh. Opsi ACL dan Altstream bisa digunakan untuk mendukung prosedur copy.

Interface dari FastCopy sangat sederhana, berupa sebuah kotak kecil, dimana kamu bisa melakukan browse terhadap direktori yang ingin kamu kopi dengan menekan tombol “Source”, lalu di tombol “DestDir”, kamu meletakkan direktori sasaran dimana kamu akan mengkopikan file tersebut.

FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

Setelah menentukan folder mana yang akan dicopy serta sasarannya, maka kamu tinggal menekan tombol Execute. Oya, dalam sebuah folder yang memiliki banyak file, kamu bisa memilih untuk tidak menyertakan file tertentu dengan memasukkannya pada daftar “Exclude”. Kamu juga bisa memilih seberapa cepat prosedur kopi yang kamu inginkan. Tentu saja ini akan berpengaruh terhadap resource komputer kamu yang dimanfaatkan untuk melakukan pengkopian.

FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

FastCopy akan menyajikan laporan komprehensif mengenai file yang dicopy. Kamu bisa mengikutinya, sehingga bila dibutuhkan, kamu juga bisa membatalkannya sewaktu-waktu.

FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

Oya, perlu dicatat bahwa aplikasi ini tidak berpengaruh bila kamu ingin melakukan copy paste biasa. Fungsi Windows itu masih tetap bisa digunakan, tidak seperti TeraCopy atau SuperCopier yang mengubah cara kamu dalam melakukan copy paste.

Kamu bisa mendownload FastCopy di:

http://ipmsg.org/tools/fastcopy.html.en

FastCopy: Alternatif Software yang Memudahkan Copy Paste File

 

Menurut PG, aplikasi ringan ini layak sebagai pendukung dalam melakukan copy paste. Apalagi bila kamu akan mengkopi folder yang berisi sekian banyak file. FastCopy akan memudahkan kamu memanajemen file yang akan dipindahkan ke tempat lain.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini