Fasilitas “Do Not Track” Tersedia secara Default di Internet Explorer 10

Apakah sobat PG pernah mendengar tentang fasilitas “Do Not Track”? Ini adalah konsep yang memberi pesan kepada pengiklan untuk tidak melacak aktivitas internet dari pengguna untuk menjadi sasaran iklan. Seperti yang kita ketahui, terkadang pengiklan memberikan iklan kepada pengguna tertentu berdasarkan preferensinya. Jadi individu yang memiliki pola browsing ke situs-situs musik, kemungkinan akan diberikan iklan yang terkait dengan music, dsb.

Nah, buat kamu yang menggemari Internet Explorer (yang sayangnya semakin menurun popularitasnya) fasilitas ini dipasangkan ke Internet Explorer 10! Ketika fasilitas ini aktif, sebuah header akan dikirimkan ke setiap permintaan website untuk menyertakan kamu ke dalam pelacakan berisi kalimat “I don’t want to be tracked” atau angka 0 untuk pesan “You can track me”. Jika tidak ada header tampil, maka website tersebut bisa melacak kamu.

Internet Explorer 10 ini akan menjadi fitur standar pada Windows 8. Hal ini telah dibenarkan oleh Chief Privacy Officer dari Microsoft, Brendon Lynch, yang menyatakan bahwa privasi pengguna adalah prioritas Microsoft. Itulah mengapa Microsoft memaksakan untuk bisa menjalankan DNT ini secara default meskipun hal ini ditentang oleh para pengiklan.

Fasilitas “Do Not Track” Tersedia secara Default di Internet Explorer 10

Keputusan ini semakin mantap, karena seperti yang kita ketahui, Microsoft bukanlah perusahaan yang mendapatkan pemasukan besar dari para pengiklan. Ini karena mesin pencari produk mereka, Bing, jelas masih kalah jauh dengan Google yang merupakan mesin pencari yang paling disukai saat ini. Sedangkan pola pemberian iklan berhubungan erat dengan pemanfaatan mesin pencari oleh user.

Akan tetapi, Microsoft tetap memberikan opsi bagi mereka yang tidak ingin agar opsi ini terpasang, bisa mengubahnya dengan mengatur pada opsi “Express Settings”. Microsoft lalu akan memberikan pesan bahwa mereka menghormati pilihan pengguna untuk tidak menggunakan opsi tersebut.

Beberapa pihak berkomentar lebih jauh bahwa bila fasilitas Internet Explorer 10 ini diterima secara luas oleh masyarakat, maka tentu saja hal ini akan mengubah pola periklanan yang dilakukan oleh berbagai perusahaan website.

Untuk sobat PG yang penasaran ingin mencoba Internet Explorer 10 (versi Preview), bisa mengunjungi:

http://ie.microsoft.com/testdrive/Info/Downloads/Default.html

Silahkan berbagi komentar tentang Internet Explorer 10 di kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini