Espera: Musik Player dengan Gaya Metro Ala Windows 8

Windows 8 ternyata mampu menciptakan tren tersendiri. Semakin banyak aplikasi bergaya Metro diluncurkan untuk menarik perhatian. Salah satu aplikasi tersebut adalah Espera, sebuah aplikasi music player gratis yang memiliki skin dan style mirip dengan Windows 8.

Selain memutar musik (Mp3 dan format audio lainnya), aplikasi ini juga dapat memutar video YouTube (tetapi kamu harus memiliki VLC player). Salah satu fiturnya yang menarik adalah Party Mode yang mengunci aplikasi ini sehingga kamu tidak dapat mengutak-atiknya lagi. Dengan party mode ini, tidak ada yang bisa mematikan, mengganti lagu, atau menghapus playlist yang tengah diputar – kecuali harus mematikan komputer kamu. Cocok digunakan cewek-cewek yang lagi melakukan Pajama’s party atau cowok-cowok yang menghabiskan waktu main gaple dan minum kopi sepanjang malam!

Bila penasaran, kamu bisa mendownload Espera di:

https://github.com/flagbug/Espera

Oh iya, dari situ kamu akan mendapatkan zip yang memiliki banyak versi Espera. Di komputer PG, yang bisa diinstall oleh PG adalah yang berada pada folder Release > 1.0.0 Beta.

Espera memiliki panel di sisi kiri layar. Aplikasi ini tidak men-scan koleksi musik kamu secara otomatis, jadi kamu harus menambahkannya dengan mengklik tombol add (tanda plus di bagian kiri atas) serta mengarahkannya ke direktori musik kamu.

Espera: Musik Player dengan Gaya Metro Ala Windows 8

Setelah daftar lagu kamu keluar, kamu harus melakukan klik pada daftar lagu di panel kiri. Setelah lagu berpindah ke panel kanan atas, klik lagi daftar lagu tersebut. Nah, kamu bisa memutar lagu kalau sudah berada di bagian panel bawah. Hahaha… Agak ribet ya.

Espera: Musik Player dengan Gaya Metro Ala Windows 8

Party mode ini muncul di panel sebelah kanan. Atur opsinya untuk memutar lagu sesuai yang kamu inginkan, baru kemudian menguncinya.

Espera: Musik Player dengan Gaya Metro Ala Windows 8

Hampir ketinggalan. Opsi YouTube akan keluar bila kamu mengklik “Local YouTube” yang akan menghadirkan video dari YouTube khusus untuk kamu. Tapi menurut pengalaman PG, buffernya lebih lambat dibanding dengan langsung membuka YouTube. Jadi untuk yang memiliki koneksi Internet tingkat menengah, nampaknya opsi ini hanya akan jadi pajangan.

Espera: Musik Player dengan Gaya Metro Ala Windows 8

Oke. Silahkan panggil teman-teman kamu untuk berpesta! Memutar house music atau lagu-lagu metal semalaman tanpa ada seorang pun yang akan mengganggu playlist kamu, sekaligus menikmati tampilan ala Metro Windows 8 dari aplikasi ini. Party Time!! :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini