Edit File Audio Lebih Mudah dengan Audacity

Yang paling asyik bagi anak band, adalah ketika kita coba-coba membuat sebuah lagu, merekam, lalu mendengarkan hasilnya. Ada kepuasan sendiri rasanya! Tapi, namanya juga rekaman amatir – pastilah banyak noise, ketidakteraturan suara, bahkan mungkin dari mendengarkan lagu tersebut, kamu mendapatkan ide baru tentang apa yang perlu kamu tambahkan dalam file audio tersebut.

Edit File Audio Lebih Mudah dengan Audacity

Bila kamu ingin melakukan editing sederhana untuk file audio kamu tadi, kamu bisa memanfaatkan Audacity! Bukan saja untuk skenario seperti yang digambarkan PG di atas, Audacity juga bermanfaat bila kamu mendapatkan suatu file audio tertentu dari temanmu, tapi kamu merasa ada yang kurang pas dari file tersebut. Kamu bisa berusaha mengolahnya lebih lanjut dengan Audacity.

Audacity memiliki fitur-fitur yang sempurna, mendukung untuk audio tipe floating-point 32 bit. Software ini bisa memberikan fungsi-fungsi yang kamu butuhkan untuk memperbaiki sebuah file audio seperti misalnya effects, edit, dan project management disertai dengan menu drop-down yang mudah untuk diikuti.

Edit File Audio Lebih Mudah dengan Audacity

Untuk mulai memanfaatkan software ini, kamu tinggal memasukkan file audio yang kamu inginkan. Audacity akan secara otomatis melakukan scan terhadap komposisi audio tersebut, dan kamu bisa melakukan perubahan dan berbagai perbaikan berdasarkan grafis yang ditampilkan.

Edit File Audio Lebih Mudah dengan Audacity

Audacity mendukung standar audio seperti WAV, AIFF, OGG, dan MP3. Pelengkap efek dasar seperti reverb, delay, dan compression disertakan juga. Plugin dari Virtual Studio Technology (VST), Linux Audio Developers Simple Plugin Architecture (LAPSDA), dan Nyquist juga siap membantu kamu. Fitur lain yang akan menarik hati juga adalah Beat Analyzer, yang akan membantu kamu mengubah bit per menit dari sebuah frase audio.

Edit File Audio Lebih Mudah dengan Audacity

Kamu bisa mengunjungi halaman utama audacity di:

http://audacity.sourceforge.net/

Software audio ini bisa diunduh secara gratis di:

http://audacity.sourceforge.net/download/

Mungkin hal yang akan menyulitkan kamu dalam memanfaatkan audacity adalah, kamu memerlukan pengetahuan tentang audio sebelum memanfaatkan aplikasi ini. Tanpa menguasai itu, kamu akan sulit memanfaatkan software yang sebetulnya telah menyajikan fitur lengkap dalam mengolah audio ini.

Sebagai alternatif, kamu bisa juga memanfaatkan software oceanaudio yang memiliki fungsi kurang lebih serupa.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Ian

    @kiki sidharta mas, tolong dong di buatkan tutorial menghilangkan vocal dari music menggunakan software audacity ini sebelumnya terima kasih, Suksess selallu