Diagnosa Hardware dan Software di Komputer Kamu Dengan Fresh Diagnose

Pernahkah kamu mengalami situasi dimana ketika kamu ingin menginstall ulang PCmu, atau juga ketika membantu temanmu untuk memperbaiki instalasi software yang ia miliki, kamu kesulitan untuk mengetahui spec fisik dari PC tersebut?

PG berani bertaruh, lebih banyak yang jago mengutak-atik software ketimbang harus berkutat dengan hardware! Bahkan mungkin ada yang belum pernah membuka case PCnya untuk melihat sambungan motherboard, VGA, RAM, prosesor, dan elemen-elemen lain dalam PC tersebut. Bila itu terjadi, maka kamu akan kesulitan untuk memperbaiki instalasi PC yang tengah kamu tangani, karena biasanya kamu akan memerlukan driver tertentu yang sesuai dengan hardware PC atau laptop tersebut. Nah, disinilah Fresh Diagnose bisa membantumu!

Fresh Diagnose adalah aplikasi sederhana namun lengkap serta dapat memberikan informasi akurat mengenai hardware yang tengah kamu tangani. Panel sistem informasi memungkinkan kamu untuk melihat edisi Windows yang diinstallkan ke dalam PC atau laptop, System rating, prosesor, Ram, tipe sistem, nama komputer, Domain, Workgroup Settings dan sebagainya. Meskipun kamu bisa melihat semua informasi dasar, tidak banyak detil yang disertakan di interface utamanya, dan kamu perlu untuk membuka properti masing-masing komponen untuk melihat informasi yang lebih lengkap.

Selain informasi tentang komponen hardware dan software yang terinstall, aplikasi ini juga memungkinkan kamu melihat system setting seperti PC Address, IP Address, TCP/IP Configuration setting, Audio/ Video Codecs, Direct X properties dan sebagainya. Terlebih lagi, aplikasi ini bisa melacak komponen Windows yang berbeda, termasuk Windows History, Search History, Run History, Internet Cache, Browser History, Recent Files dan sebagainya, dapat dilihat dari interface utamanya.

Bila tertarik, kamu bisa mendownload Fresh Diagnose dari link berikut:

http://www.freshdevices.com/freshdiag.html

Setelah prosedur installasi, kamu akan mendapati sebuah interface sederhana, namun lengkap menampilkan keadaan PC atau laptop kamu.

Fresh_Diagnose

Window utama terdiri atas toolbar yang berisi Refresh, Up, Save, Print, Windows, Hardware, Devices, Network Multimedia dan sebagainya, tombol di bagian atas, sebelah kiri berisi daftar kategori yang tersedia untuk di-view (sama dengan yang tersedia di atas), sementara informasi terkait masing-masing komponen yang dipilih disajikan di bagian utama interface.

Fresh_Diagnose

Kamu bisa menengok berbagai komponen dengan menggunakan menu yang tersedia di sebelah kiri. Karena properti dibagi atas kategori yang berbeda, maka mudah sekali untuk mencari apa yang kamu inginkan. Misalnya, kamu ingin mengetahui setting konfigurasi TCP/IP, maka kamu cukup mengklik tab Network and Internet di sisi kiri.

Fresh_Diagnose

Aplikasi ini bahkan memungkinkan kamu melihat histori penggunaan. Aktivitas membuka aplikasi, browsing, dan sebagainya dengan meng-klik bagian Trace.

PG yakin aplikasi ini pasti bermanfaat buat kamu. Apalagi bila kamu menggunakan komputer-pernah-pakai yang tidak menyertakan driver sehingga membingungkan kamu ketika ingin menginstall ulang. Aplikasi ini akan membantu kamu menemukan driver yang diinginkan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini