CPUAlert: Memperingatkan dan Menutup Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Memori

Apabila sebelumnya PG sudah mengulas tentang SpeedFan yang berfungis untuk mengakses semua sensor temperatur yang terdapat di komputer, maka kali ini PG akan mengulas sebuah tool yang hampir mirip, namun bukan berkaitan dengan temperatur yaitu tool yang berhubungan dengan konsumsi memori komputer.

Jika kamu merasa komputer milikmu berjalan cukup panas atau baterai laptop milikmu habis dengan cepat maka kemungkinan besar disebabkan oleh beberapa aplikasi atau proses CPU yang mengkonsumsi memori cukup tinggi. Contohnya ketika kamu membuka aplikasi yang berjalan dalam waktu yang lama misalnya browser atau aplikasi edit foto, maka secara tidak langsung konsumsi memori akan terus terpakai dan tidak dapat membebaskan memori secara efisien, dan tentu saja berakibat pada komputer yang kehabisan memori fisik dan aplikasi lainnya akan berjalan lebih lambat.

CPUAlert: Memperingatkan dan Menutup Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Memori

Sebagai solusi, kali ni PG sarankan kamu untuk menggunakan tool yang bernama CPUAlert. Tool yang berukuran kecil namun sangat berguna ini akan memberikan kamu sebuah fungsi yaitu memberi peringatan apabila ada sebuah program atau aplikasi yang sedang berjalan dan memakan banyak konsumsi memori.

Untuk saat ini CPUAlert bisa kamu unduh dan kamu gunakan secara gratis pada komputer dengan sistem operasi Windows, mulai dari XP hingga Windows 7.

Homepage: http://code.google.com/p/cpualert

Download: http://cpualert.googlecode.com/files/CPUMonitor.Setup.msi (427KB)

CPUAlert bukan hanya sebuah tool yang berfungsi memonitor CPU dan konsumsi memori dari aplikasi dan memberitahunya kepada kamu, namun juga terdapat pilihan untuk menutup aplikasi tersebut, menundanya, atau bahkan meng’ignore atau mengabaikan aplikasi tersebut.

CPUAlert: Memperingatkan dan Menutup Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Memori

Secara otomatis tool ini akan berjalan dan bekerja pada system tray dari komputer milikmu, untuk beberapa konfigurasi dari tool ini kamu bisa akses melalui system tray dan klik kanan pada icon CPUAlert dan pilih settings. Pada jendela setting tersebut kamu dapat mengatur segala sesuatu seperti interval waktu dari peringatan serta batas memori yang kamu tetapkan sebelum alert atau peringatan tersebut muncul.

CPUAlert: Memperingatkan dan Menutup Aplikasi yang Menghabiskan Banyak Memori

Dengan menutup program atau aplikasi yang mengkonsumsi memori cukup tinggi tentu saja ini dapat menghemat memori dan baterai laptop milikmu, serta secara tidak langsung akan membuat komputer dapat berjalan dengan mulus dan aplikasi lain dapat beroperasi seperti seharusnya tanpa ada hambatan karena kurangnya alokasi memori.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini