Chrome Menjadi Browser Terkuat dalam Mengatasi Phishing

Jika kamu adalah pengguna Google Chrome, kamu boleh sedikit bangga. Dari pengujian yang dilakukan oleh NSS Labs, Google Chrome terbukti menjadi browser terkuat yang mampu mendeteksi dan memblokir situs Phishing.

Chrome Menjadi Browser Terkuat dalam Mengatasi Phishing

Penelitian ini dilakukan oleh NSS Labs dan melibatkan beberapa browser populer yaitu Chrome, Firefox, IE. dan Safari. Pengujian dilakukan selama 10 hari penuh dan melibatkan 4.306 url phishing.

Hasilnya..Chrome berhasil memblokir 94% dari situs phishing tersebut, disusul IE dengan 92%, Safari dengan 91%, dan Firefox dengan 90%.

Chrome Menjadi Browser Terkuat dalam Mengatasi Phishing

Kemampuan browser dalam memblokir situs phishing cukup penting karena saat ini sudah ada lebih dari 50.000 situs phishing baru yang muncul setiap bulannya. Jumlah ini-pun terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Namun demikian browser tetaplah menjadi “gerbang” perlindungan kedua terhadap situs phishing. Kita sebagai pengguna-lah yang menjadi “gerbang” keamanan utama. Pastikan kamu selalu berhati-hati saat browsing, terutama ketika kamu harus mengisikan data-data penting di situs krusial semacam e-banking, e-payment, dll.

Report lengkap tentang penelitian ini bisa kamu download disini:

https://www.nsslabs.com/system/files/content/report/files/2012_Browser_Phishing.pdf


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Adie Bolang

    om salah ketik kayaknya om untuk presentasi yg firefox, di diagram itu 90% tapi di kata-katanya malah 15%, kayaknya ketuker sama nama Firefox 15 mungkin.. heu..