Chemitorium: Editor Rumus Kimia untuk Membuat Tampilan Molekul 3D

Kimia organik adalah merupakan percabangan dari ilmu kimia yang membahas mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis dari senyawa organik. Senyawa organik yang dibangun secara utama oleh karbon dan hidrogen ini juga dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, halogen, belerang dan sebagainya.

Ilmu kimia pada umumnya merupakan bahasan yang cukup membosankan bagi sebagian orang, terlebih apabila sudah masuk pada pembahasan yang lebih spesifik seperti rumus struktural dari senyawa-senyawa organik tertentu.

Chemitorium : Editor Rumus Kimia untuk Membuat Tampilan Molekul 3D

Membahas rumus matematika saja sudah bisa membuat kepala pusing, apalagi rumus kimia? Nah kali ini PG akan sedikit memberikan solusi bagi kamu yang bermasalah dengan rumus kimia, terutama dalam merangkai senyawa-senyawa menjadi rumus atau formula tertentu.

Chemitorium, adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk menganalisa dan memvisualisasikan dari senyawa-senyawa kimia organik. Dengan menggunakan Chemitorium, kamu dapat membuat dan mengedit kembali rumus-rumus atau formula struktural senyawa organik dan memvisualisasikan molekul tersebut kedalam bentuk tiga dimensi. Dan hasil dari visualisasi tersebut dapat kamu disimpan dalam bentuk file gambar dan video.

Chemitorium untuk saat ini dapat berkerja dan di gunakan di atas Sistem Operasi Windows. Bagi kamu yang berminat untuk mengunduh Chemitorium bisa melalui tautan berikut ini, tersedia dua versi, yaitu versi installer dan portable.

Chemitorium Homepage : http://weltweitimnetz.de/chemitorium

Chemitorium Installer (12.74MB) : http://weltweitimnetz.de/files/chemitorium_inst.exe

Chemitorium Portable (1.58MB) : http://weltweitimnetz.de/files/chemitorium.exe

Chemitorium : Editor Rumus Kimia untuk Membuat Tampilan Molekul 3D

Chemitorium : Editor Rumus Kimia untuk Membuat Tampilan Molekul 3D

 

Untuk semakin memudahkan dalam menggunakan Chemitorium, silahkan kamu simak video tutorial dari Chemitorium berikut ini ya. Dari beberapa video tutorial yang ada, video yang berikut ini menurut PG yang paling cocok dan mudah untuk dimengerti, meskipun masih dikemas menggunakan bahasa latin.

PG ucapkan selamat belajar dan semoga bermanfaat ya. ^_^


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini