CDisplayEx: Aplikasi Pembaca Manga Interface Sederhana

Bila kamu hobi lurking situs penyedia manga online seperti MangaReader atau MangaFox, kamu pasti tahu bahwa sebetulnya koleksi mangascan semacam itu memang bisa dibaca dengan aplikasi viewer biasa – sebut saja ACDSee, MycView, atau NexusImage. Lalu kenapa kita perlu software khusus untuk pembaca manga?

Jawabannya: Dengan software khusus tersebut, kita bisa mendapatkan lebih banyak fitur dan kenyamanan yang memang secara spesifik diperuntukkan untuk membaca manga. Misalnya, kamu bisa mengatur agar manga yang kamu baca ditampilkan dalam dua halaman berjajar seperti layaknya buku komik yang tengah terbuka, kemudian karena ‘adat’ di Jepang adalah membaca dari kanan ke kiri, kamu juga bisa mengatur agar hal itu diterapkan di software khusus pembaca manga tersebut.

Salah satu diantara software pembaca manga yang terkenal adalah CDisplay Ex. Software ini memungkinkan kamu untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam membaca, seperti layaknya membuka komik yang tergeletak di hadapan kamu. Terlebih lagi, aplikasi ini juga memiliki berbagai fitur dasar yang dibutuhkan oleh pecinta manga seperti membaca dari kanan ke kiri, magnify (memperbesar gambar), scroll, juga kemampuan untuk membuka file kompresi seperti RAR, ZIP, atau CBZ.

Interface dasar dari CDisplayEx juga sangat sederhana. Kamu bisa dengan mudah mempelajari fitur-fiturnya yang kebanyakan terletak di bar sebelah atas.

CDisplayEx: Aplikasi Pembaca Manga Interface Sederhana

Kamu bisa memulai aktivitas membaca manga kamu dengan mengklik “File” lalu “Load Files”. Maka CDisplayEx akan langsung menampilkan manga yang ingin kamu buka. Aplikasi ini juga mendukung penggunaan Hotkey standar seperti Ctrl-L untuk membuka file, F11 untuk mendapatkan full-screen, dan banyak lagi.

Fungsi-fungsi penting dari CDisplay secara ringkas disusun di bar atas sebelah kanan.

CDisplayEx: Aplikasi Pembaca Manga Interface Sederhana

Opsi membaca yang memungkinkan kamu membaca manga dengan cukup nyaman bisa dilihat di Tab “Read”. Kamu bahkan bisa mengatur agar manga dijalankan secara otomatis menggunakan mode “slideshow” bila kamu malas mengklik atau menekan tombol keyboard untuk melanjutkan ke halaman berikutnya.

 

CDisplayEx: Aplikasi Pembaca Manga Interface Sederhana

Di bagian “Options”, kamu bisa mengatur sepuasnya tampilan yang kamu inginkan, seperti misalnya dua halaman langsung, membaca dengan ‘mode Jepang’ (dari kanan ke kiri), dan banyak lagi.

 

CDisplayEx: Aplikasi Pembaca Manga Interface Sederhana

Kamu bisa mendapatkan CDisplayEx di:

http://www.cdisplayex.com/

CDisplayEx merupakan aplikasi pembaca komik yang ringan dan mudah untuk dipergunakan. Bahkan kamu bisa membaca koleksi manga kamu baik dalam bentuk Rar maupun CBZ.

Sebagai alternatif, kamu bisa juga menggunakan pViewer atau MyManga


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini